Solo Jogja

Solo Jogja, anda pasti telah kenal istilah ini. Bagi yang belum tahu, istilah Solo Jogja dapat diartikan sebagai jalan penghubung antara 2 kota, yaitu Solo dan Yogyakarta. Jalur ini dapat dikatakan sebagai jalur perekonomian yang padat, karena merupakan bagian dari jalur segitiga emas JOGLOSEMAR (Jogja-Solo-Semarang).

Secara umum dapat dikatakan sebagian besar jalan dalam kondisi mulus. Namun juga ditemui kondisi jalan yang bergelombang dan berlubang di beberapa titik. Jika berkendara di malam hari, disarankan untuk lebih berhati-hati. Karena di beberapa titik kondisi penerangan kurang maksimal bahkan tidak ada (mati).

Banyak yang mengatakan panjang jalan Solo Jogja sekitar ± 60 km. Menurut saya hal itu tidak salah, karena saya pernah mengukur dengan memakai meteran motor (apalah itu namanya), ketika berangkat berada di posisi “46622″ (titik berangkat saya anggap dari tugu kartasura) dan sampai jogja (pertigaan lampu merah ringroad Maguwo) di posisi “46669″. Jadi jarak yang ditempuh sekitar ± 47 km. Dan ditambah 8 km lagi untuk mencapai daerah kost saya di daerah Pogung. Dengan catatan ketika di Klaten melewati kotanya, bukan lewat jalur bus. Jadi panjang jalan Solo Jogja tidak jauh2 berkisar di angka 60 km, tergantung titik berangkat dan titik tibanya. :)

Bagaimana dengan arah sebaliknya?? Tidak terlalu berbeda menurut saya. Pernah sekali saya mencatatnya. Ketika di Jogja posisi angka “47923″ dan ketika sampai di kartasura posisi berada di “47980″. Dan ketika lewat di Klaten lewat yang jalur searah ke arah Solo (sehabis lampu merah tugu Perwari belok kiri), karena jalur di kota masih berlaku satu arah.

Oke, saya melibas jalur Solo Jogja sudah 2 tahun ini. Terdapat info-info yang ingin saya bagi dengan pembaca sekalian dalam melewati jalan Solo Jogja ini. Sebagai batasan, saya memakai titik awal Tugu Kartasura dan Lampu Lalu lintas Pertigaan Ringroad Maguwo sebagai titik akhir ketika perjalanan arah ke Jogja, begitu juga sebaliknya.

Terdapat 28 lampu lalu lintas sepanjang Jalan Jogja Solo dengan catatan di Klaten tidak melewati Klaten kota namun belok kiri.
1. Pertigaan Ring Road Maguwo
2. Pertigaan Bandara Adi Sucipto
3. Pertigaan dekat bangunan Suzuki (belom tahu namanya, hehe).
4. Perempatan Bogem (yang banyak pohon besar).
5. Pertigaan Terminal/Pasar Prambanan.
6. Pertigaan Pos Polisi Prambanan.
7. Lampu lalu lintas sekitar Dinasti, Indomaret, Samsat Prambanan.
8. Lampu lalu lintas spesialis mata, BPR BMMS.
9. Pertigaan Pabrik Gula Klaten.
10. Perempatan Bayat, Wedi.
11. Pertigaan bypass jalur bus Klaten,Tugu Perwari, RS Suradji Tirtonegoro.
12. Pertigaan batas jalur searah klaten kota. (belok kiri jika waktu masih kurang dari pukul 20.00 WIB)
13. Lampu lalu lintas SMA 1 Klaten, Neutron Klaten.
14. Perempatan tugu, Bank Pasar Patma.
15. Lampu lalu lintas setelah pos polisi (kanan jalan).
16. Lampu lalu lintas Sangkal Pitung, GOR Klaten.
17. Lampu lalu lintas sekitar Yamaha, Dinas Pertanian.
18. Lampu lalu lintas setelah Toko Mebel Mutiara Furniture.
19. Pertigaan daerah services Jaya Per, Dinamo.
20. Pertigaan setelah BRI Karangwuni (ada pohon besar).
21. Perempatan terminal Penggung.
22. Lampu lalu lintas ( di pojokan ada agen bus).
23. Lampu lalu lintas sekitar RM Kusuma Rasa, Honda.
24. Perempatan Delanggu (Pasar Delanggu).
25. Pertigaan Pakis.
26. Pertigaan Sanggung Sawit.
27. Pertigaan Klewer Sawit.
28. Pertigaan Kartasura.

Sementara di Klaten kota, terdapat 3 lampu lalu lintas.

Jika berangkat ke Jogja lewat Klaten Kota, maka akan melewati 28 lampu lalu lintas juga. Dengan rincian lampu lalu lintas no 13, 14, 15 dan 16 di atas tidak dilewati. Namun sebagai gantinya, kita melewati lampu lalu lintas Terminal Klaten Kota dan 3 lampu lalu lintas pada kota klaten.

Kalo lewat bypass klaten (jalur bus – Perempatan Terminal Klaten belok kiri), kita akan melewati 2 lampu lalu lintas (insyaAllah tidak salah hitung, :)). Jalur bus ini akan bertemu dengan pertigaan Tugu Perwari. Di jalur bis ini kita akan melewati perlintasan kereta api sebanyak 2 x, berhati-hatilah ketika melewati perlintasan ini, walaupun perlintasan ini termasuk perlintasan yang berpalang, namun tidak ada salahnya tetap berhati-hati ketika melewati perlintasan ini.

Untuk SPBU, sepanjang jalan Solo Jogja banyak terdapat SPBU, baik yang sudah berlogo “pasti pas” maupun yang belum. Kebanyakan SPBU-SPBU yang terdapat di jalan Solo Jogja merupakan bangunan baru. Karena terletak di jalur utama, SPBU-SPBU ini buka 24 jam (untuk yang satu ini, masih perlu dibuktikan kebenarannya, hehe..).

Untuk jalan Solo Jogja lewat Klaten kota, tidak kurang 8 SPBU siap mengawal perjalanan anda. SPBU-SPBU itu diantaranya :
1. SPBU 44.575.09 Tempel, Sawit.
Fasilitas : mushola, toilet.
2. SPBU 44.574.05 setelah perempatan Delanggu.
Fasilitas : mushola, toilet.
3. SPBU 44.574.02 setelah pertigaan pohon besar.
Fasilitas : mushola, toilet.
4. SPBU 44.574.14 setelah Rumah Sakit Islam Klaten.
Fasilitas : mushola, toilet serta menyediakan elpiji.
5. SPBU 44.574.04 setelah Klaten Kota.
Fasilitas : mushola, toilet.
6. SPBU 44.574.01 sebelum pabrik SGM.
Fasilitas : mushola, toilet, serta rumah makan (di tanda informasinya tergambar seperti itu, hehe.. :)).
7. SPBU 44.555.01 setelah jalur hijau Prambanan.
Fasilitas : mushola, toilet.
8. SPBU 44.555.14 setelah pertigaan Suzuki.
Fasilitas : mushola, toilet serta menyediakan elpiji.

Untuk arah sebaliknya, Jogja Solo lewat jalur searah ke Solo di Klaten Kota (yang belok kiri), 10 SPBU siap mengawal perjalanan anda. SPBU-SPBU itu adalah :
1. SPBU 44.552.04 setelah pertigaan ringroad Maguwo.
Fasilitas : mushola, toilet, minimarket, ATM Niaga.
2. SPBU 44.555.15 sebelum reklame RM Bale Bengong.
Fasilitas : mushola, toilet, minimarket.
3. SPBU 44.574.16 setelah pabrik SGM Sari Husada.
Fasilitas : mushola, toilet, isi angin + air.
4. SPBU 44.574.11 sekitar Yamaha (Yamaha di kanan jalan).
Fasilitas : mushola, toilet.
5. SPBU 44.574.21 setelah pertigaan Tugu Perwari belok kiri. Terletak di kanan jalan (jalur searah).
Fasilitas : mushola, toilet, minimarket, tambah air serta menyediakan elpiji.
6. SPBU 44.574.03 pojok kanan pertemuan akhir jalur searah dengan jalan Jogja Solo lagi. Setelah perempatan terminal Klaten jika kita lewat Klaten Kota.
Fasilitas : mushola, toilet, telkom, ATM BCA Mandiri, menyediakan elpiji.
7. SPBU 44.574.10 setelah indosat M3
Fasilitas : mushola, toilet, ATM (entah bank apa, lupa.. :)).
8. SPBU 44.574.13 setelah lampu merah yang di pojoknya ada agen bus.
Fasilitas : mushola, toilet, mini fitnes.
9. SPBU 44.574.09 Pakis.
Fasilitas : mushola, toilet, tambah air + angin, toko donat.
10.SPBU 44.573.02 Karangduren Sawit
Fasilitas : mushola, toilet.

Untuk bypass Klaten (jalur bus) terdapat satu buah SPBU, yaitu SPBU 44.574.06 yang terletak di kiri jalan jika anda menuju Jogja. Fasilitas : mushola, toilet. Sementara di Jalur Klaten Kota tidak terdapat SPBU.

Itu semua dapat dikatakan sebagai hal-hal yang akan ditemui jika kita membawa kendaraan pribadi. Bagaimana dengan angkutan umum ??

Untuk bus, dapat dikategorikan menjadi 2 jenis, yaitu ;
1. Bus hanya rute Solo Jogja dan sebaliknya.
Langsung Jaya, Putra Jaya, Sri Mulyo, Damri, Baker dan masih banyak lagi (tanpa bermaksud ngiklan lho.. hehe.. :)).
2. Bus Surabaya-nan.
Eka, Mira, Sumber Kencono. Ada yang lain?? :)

Bedanya?? Banyak keuntungan dan kekurangannya.. Oke, saya bahas dari Bus “hanya rute Solo Jogja dan sebaliknya”.

Bus Solo Jogja, beroperasi dari pagi sampai jam 7 malam-anlah (subuh mungkin sudah ada, masalahnya saya gak pernah naik bus sepagi itu.. haha.. :)). Kalau malam sudah susah mencarinya. Walaupun harga BBM sudah kembali ke 4500, namun ongkos naik bus tidak kembali seperti dulu.. hehe.. :) Ongkos sekarang 8ribu, kalo dulu 7ribu. Untuk masalah kecepatan, beberapa PO sangat cepat sekali (ngebut) dan yang lainnya standar saja kecepatannya. Bus-bus ini dapat dihentikan di mana saja di sepanjang jalur Solo Jogja. Jadi tidak harus di tempat-tempat tertentu untuk naik, misal terminal atau agen bus.

Untuk bus Surabaya, bisa dikatakan beroperasi 24 jam. Namun bus ini tidak dapat dihentikan sembarang tempat ketika pagi sampai malam (waktu bus Solo Jogja beroperasi, itu sudah kesepakatan antara Bus Jogja Solo dengan Jogja Surabaya). Untuk waktu-waktu itu, bus ini menaikkan penumpang dari terminal ataupun dari agen bus. Namun selain waktu itu (jam 8nan malam – pagi), bus tersebut dapat menaikkan penumpang selayaknya bus Solo Jogja. Untuk ongkos, lebih murah dari bus Solo Jogja. Untuk bus ekonomi sekitar 6000 – 6500. Sementara untuk patas 9500. Untuk kecepatannya, bisa dikatakan semua bis Surubaya cepat. Karena itulah saya menyarankan jika mau naik bus Surabaya ini, lebih baik anda menunggu di lampu lalu lintas saja, untuk menghindari bus yang tidak mau berhenti, karena sedang dalam kecepatan tinggi + sedang di lajur kanan.

Ada juga sarana transportasi lain, yaitu memakai kereta api. Kereta Api Pramex (Prambanan Express), melayani jalur Solo Jogja. Namun saya tidak tahu, stasiun terakhir yang di sambangi. Yang pasti trayek ini terdapat hampir seharian penuh. Dengan kereta api ini, waktu tempuh Solo Jogja hanya sekitar 40 menitan. Anda dapat memilih berhenti stasiun Bandara, Lempuyangan atau Tugu (kalo turun Jogja). Kalau di Solo dapat turun di Purwosari, Balapan, Jebres (mungkin :)). Atau anda dapat juga turun di Stasiun Klaten yang terletak di Jalur Bus (bypass Klaten).

Sepertinya itu dulu, Kalo ada info lain ntar saya tambahin lagi. Oya sekali lagi untuk mengingatkan saja, semua yang saya tulis di atas tadi saya batasi Jalur Solo Jogja antara Tugu Kartasura dengan Pertigaan Ringroad Maguwo Jogja. Sekali lagi, berhati2 mengemudi di jalan, teman2 dan keluarga menunggu. :)

Update 19/08/2011
Pita kejut di ruas jalan solo jogja

222 Responses to “Solo Jogja”

  1. Zeno Says:

    Kalo ga salah pertigaan lampu merah (adanya blum lama itu kan?) deket bangunan suzuki ke kiri (kalo dari arah jogja) ntar tembus lapangan radenronggo ataw apa itu,pokoknya tembus blakang SMP 1 kalasan…Soalnya rumahku papan Bale Bengong lurus aja…

  2. yang punya jalan solo jogja Says:

    kalo tembusnya ke mana saya belum tahu mas… maklum, saya belum pernah belak-belok selain lurus jalan solo jogja… tapi pertigaan situ memang baru saja, belum terlalu lama… hehe… tq2 atas inpormasinya…

  3. Noe Bubert Says:

    This is to be honest a Great knowledge gaining post and all thanks to google search engine get me on here. I enjoyed reading your news and added to the favorites. The points you tried to put up was clearly understandable. My mom also appreciated after reading this article. I will browse for more sooner. cya

  4. oleg Says:

    boz..
    solo jogja km 4 ki skitar mana y??

  5. yang punya jalan solo jogja Says:

    waduh boss, ane g pernah merhatiin..
    cek saja km dari papan alamat toko/bangunan yang banyak di sisi jalan.. kalo yang lengkap pasti nampilin alamat tsb terletak di km berapa.. jadi tinggal di kira2 saja km 4 itu mana… :)

  6. eKa Says:

    Aku mo ke PT Pharos, tp gak ngerti katanya di deket Hotel SUNan HAduuhhhh Pyusiiiiiiiiiyyynnggg !!!

    hehehehe Kalo mo turun di hotel sunan tu di perempatan yang mana hahahahahaha

  7. yang punya jalan solo jogja Says:

    g ngerti ane, kayaknya sunan hotel tuh di solo bukan di jalan solo jogja..

  8. pangon andalan Says:

    boss, mau tanya neeh. Kalau ke bandara adi sutjipto dari arah semarang rutenya lewat mana saja boss?

  9. yang punya jalan solo jogja Says:

    @ pangoandalan :
    secara gampangnya gini om..

    semarang – solo – yogya :D

    setahu ane bisa lewat magelang juga.. semarang – magelang – yogya..:D

    kalo naik bus, yang lewat solo naik aja bus jurusan semarang – solo, turun di kartasura (tugu kartasura-pertigaan). ganti bus tujuan yogya (alias bus solo yogya) bilang saja turun di bandara adi sucipto. ntar turun di pertigaan lampu merah tinggal jalan sebentar sudah sampai kog.. :D

    1. Pertigaan Ring Road Maguwo
    2. Pertigaan Bandara Adi Sucipto
    3. Pertigaan dekat bangunan Suzuki (belom tahu namanya, hehe).

    kalo liat lampu merah di atas jelas kan.. kalo dari arah solo lampu merah bandara adi sucipto itu setelah lampu merah yang no 3, tapi sebelum lampu merah no 1.. :)

    semoga sukses dan g tersesat bro.. kalo bingung (misal naik kendaraan pribadi) tanya saja om di pinggi rjalan/ pak polisi.. pasti diberitahu kog.. :) dan perhatikan saja petunjuk jalan om, jelas kog.. :)

    hati2 dan semoga selamat sampai tujuan.. :)

  10. pangon andalan Says:

    untuk memperpendek jarak, mungkin aku datang lewat magelang pak. Berarti, kalau tidak salah perempatan jombor itu belok kiri ya pak?

  11. pangon andalan Says:

    terima kasih atas infonya pak! Semoga kesuksesan selalu menyertai anda. Jazakallohu khairan katsiran.

  12. yang punya jalan solo jogja Says:

    iya pak dari perempatan jombor kekiri..
    dan ikuti ringroad saja sampai ketemu pertigaan besar dan belok kiri.. :)
    pertigaan besat tsb pertigaan ringroad maguwo..
    lurus, pertigaan pertama belok kanan.. :)

    sama2 pak.. seoga sukses juga selalu menyertai anda :)

  13. Aming Says:

    permisi, mau tanya, kalo mau ke bandara adisumarmo, terus naik kereta dari jogja ke solo, turun di stasiun solo yang mana ya? Dari stasiun itu naik apa ke bandara paling oke?

    Maturnuwun….

  14. yang punya jalan solo jogja Says:

    kalo dari jogja turun saja di stasiun purwosari om.. trus dilanjutin pake taxi.. setahu saya g ada angkutan umum trayek stasiun – bandara,,,

    naik taksi, minta di antarin ke bandara.. :)

  15. soechan Says:

    permisi…mau tanya nih
    kalau mau ke jogja yaitu ke jalan adisucipto (pasific building) kalau lewat solo itu jalan apa aja ya yang di lewati? katanya lewat klaten ya, tapi itu klaten kota pa ga? makasih buanget ya:-D

    ket : aku naik motor bukan bus ata angkutan lain
    salam kenal,

  16. yang punya jalan solo jogja Says:

    @ soechan : kalo naik motor, lbisa lewar klaten kota… jadi g lewat jalur bis klaten (by pass klaten). lebih cepat.. :D

    Pasific bulidingnya itu : sehabis janti jogja lurus aja terus (ke barat berarti) ntar kanan jalan, di seberang gedung wanitatama (kalo g salah namanya :D)

  17. oliphia Says:

    kalau dari solo ke jogja naik keretanya dari stasiun mana ya???????/

  18. yang punya jalan solo jogja Says:

    naik pramex, naik di purwosari bisa naik di balapan sepertinya bisa (saya hanya pernah naik dari purwosari)…

    cek saja di stasiun tsb langsung.. :D

  19. wong bendogantungan Says:

    kayaknya di jalur kota klaten ada spbu deh
    dkat pemda ma murah meriah

    • yang punya jalan solo jogja Says:

      oh ya, ntar kalo ada waktu ane update.. :p
      itu spbu juga masih baru hitungannya, terletak di tikungan sebelah kanan arah ke solo…

  20. wong bendogantungan Says:

    nb: wong klaten lebih enak bilang jogjasolo daripada solo jogja

    • yang punya jalan solo jogja Says:

      dan yang punya blog lebih suka bilang solo jogja…. :D
      bagi saya sama aja mo solo jogja/jogja solo.. karena menurut saya juga, kota pertama yang disebutin karena lebih dekat.. :p

  21. udin Says:

    mas, klo dr slamet riyadi solo lebih cepat nyampe ga?? Enak mana sama lewat ring road??

    • yang punya jalan solo jogja Says:

      slamet riyadi dengan ring road?

      jalan slamet riyadi solo kah?

      ring roadnya ring road mana? jogja?

      bise lebih diperjelas? :)

  22. udin Says:

    maksud sy jln. slamet riyadi solo mas.. Dr solo ke jogja enak lewat situ atao ringroad yang klo dr arah sragen, sblm palur??

    Kata temen sy enak lewat slamet riyadi solo..tinggal lurus tp butuh wktu lama. Sdngkan klo lewat ringroad (ga tau namanya – sblm palur dr arah sragen) itu lebih cepat sampe tp jalannya ga bgs, byk lobang..

    Mhn bantuannya :)

    • yang punya jalan solo jogja Says:

      waduh, ringroad solo dan palur? saya g terlalu hapal dengan jalan situ..

      apakah yang dimaksud dengan ring road itu jalur bus besar (yang melewati tirtonadi)? kalo iya memang jalannya g rata-bergelombang..

      kalo lewat slamet riyadi yang pasti akan lewat pasar klewer solo terus ke barat yang agak macet/padat (searah + pusat ekonomi/toko)..

      kalo cepetnya saya belum pernah menghitung, karena memang selama ini hanya dari kartasura (domisili di kartasura)..
      :)

    • yang punya jalan solo jogja Says:

      oh ya, kalo memang enaknya lewat slamet riyadi.. karena kalo dari pasar klewer nya tinggal lurus aja sampai kartasura.. kalo lewat ringroad (kalo benar asumsi saya tadi ringroad = jalur bus ke tirtonadi) akan belok2 juga.. tapi juga gak sulit kalo lewat ringroad, tinggal ikuti aja rambu arah ke jogja/kartasura..

      kan kalo ketemu pertigaan tugu kartasura tinggal ke selatan mas, arah jogja.. :)

  23. stedy Says:

    salam kenal… mau nanya… klo saya dr jogja ke solo tapi saya mau cari daerah solo yg banyak toko komputer di jalan apa ya ?
    trus klo naik kereta turun nya di mana biar deket ke daerah yg banyak toko2 komputer nya ya ?

    • yang punya jalan solo jogja Says:

      toko komputer bukannya lebih banyak di jogja y gan?
      ane malah biasanya ke jogja buat hunting komputer.. di sepanjang jalan kali urang jugja, toko2 komputer banyak pilihannya gan..

      kalo di solo, saya lebih sering ke elskomputer (di yogya juga ada) (karena jarang beli komp di solo) jadinya belum terlalu tahu ttg toko komputer di solo.. :)
      tapi dulu pernah ada yang beritahu sekitar kampus ums banyak pilihannya.. tapi saya juga belum pernah mencoba.. :)

  24. hulda Says:

    mohon bantuannya boz…. aq dari surabaya ada rencana mo ke Klaten, tepatnya ke pabrik susu SGM (PT, Sari Husada) klo dari stasiun Tugu – Jogja paling cepet milih transportasi apa? paling enak naik apa? paling ekonomis naik apa? trus kira2 berapa lama waktu tempuhnya? berapa ongkos yang dibutuhkan (bus, taxi, dll) ?
    Mohon petunjuknya!…..

    terima kasih

    • yang punya jalan solo jogja Says:

      waduh maaf baru bisa jawab.. :)

      banyak opsinya boz.. :), tapi saya g akan jelaskan semua..

      yang pasti, pabrik tsb berada di pinggir jalan solo jogja – jadi harus di tempuh dengan bus solo – jogja..

      kalo dari tugu, mau cepet naik taksi ato ojek motor ke janti jogja buat naik bus solo jogja.. (taksi saya g tahu ongkosnya bos – ojek motor/taksi motor kalo g salah 10rb kurang lebih)

      dari janti baru naik bus solo jogja arah ke solo/klaten.. bilang saja ke SGM.. untuk tarif harusnya di bawah 7ribu rupiah,.. sekitar 5rbu kebawah boz…

      ato kalo g mau ribet, pake taksi langsung ke pabriknya.. tapi yang pasti tarifnya pasti mahal banget…

      semoga membantu (walopun saya terlambat yang jawab.. :) )

  25. wekwew Says:

    numpang nyasar mas…

    dan numpang tanya jg, saya baru pindahan ke semarang 3 bulan terakhir. ada rencana jalan jalan ke tanah leluhur di klaten yang sudah 25 tahun++ ga pernah di sambangi.. (sempet kemaren lewat doang si).
    klatennya di daerah deket stasiun klaten (kalo aku dari jakarta dulu, naik solo balapan turun diklaten naik andong deh). kecamatan trucuk apa ya, aku lupa.
    nah kalo dari semarang jalur paling cepat dan enak menuju klaten lewat mana aja? apakah ada petunjuk ??
    PS : ini solo touring naik motor mas… thanks..

    • yang punya jalan solo jogja Says:

      saya coba jawab mas, maslahnya saya g terlalu paham semarang-klaten (saya klaten juga g terlalu paham ttg seluk beluk jalannya juga.. :))
      kalo dari semarang naik motor y berarti?
      kalo iya, mungkin semarang – salatiga – boyolali – klaten..

      di boyolalinya ini ada jalur langsung ke klaten setahu ane ( jadi g harus lewat kartasura baru klaten) jadi bisa menghemat waktu tempuh..

      tapi maslahnya, saya g tahu persis di mana jaln tsb berada (ancer2nya..) yang terbaik ketika masuk boyolali lihat tanda petunjuk jalan atokalo g numpang tanya penduduk sekitar saja mas..

      jadi kalo saya rekap lagi smg – salatiga – boyolali – klaten ( tidak lewat kartasura)

      semoga bisa membantu mas.. :)

  26. wekwew Says:

    ohh IC.. ie pernah liat beberapa pertigaan yang bertuliskan ke kanan klaten, ke kiri solo… waktu ke solo naik travel.

    jadi dari boyolali langsung bisa ya… hmm.. kalo di klatennya dah bermodalm google maps saya.

    • yang punya jalan solo jogja Says:

      iya om, langsung bisa boyolali – klaten tanpa lewat kartasura (lumayan hewat waktu).. semoga lancar perjalanannya… :)

  27. wawa Says:

    kalo dari jogja, ke arah solo tanpa lewad bypass klaten, itu kemana???
    apa ada papan arahnya??
    thx

    • yang punya jalan solo jogja Says:

      setelah rumah sakit klaten maju 1x lagi lampu lalu lintas (bang-jo), terus belok kiri .. (karena g bisa lurus, searah ke arah jogja itu) trus ikuti papan petunjuknya saja..

  28. ade Says:

    mas kalo dari bandara solo mw nae bis ke yogja nae apa dulu ya dr bandaranya? ke terminal aja x ya lebih aman? makasi bantuannya…

    • yang punya jalan solo jogja Says:

      naik batik trans solo aja gan.. ntar turun di perempatan kartasura/ minta ditunjukin tempat buat oper bus solo jogja sama kondekturnya.. :)

  29. my Says:

    mas, kalo dari kartasura mau ke UMS rutenya gimana kalo mau naik motor? bales ya.. thx

    • yang punya jalan solo jogja Says:

      dari tugu kartasura tinggal kearah solo.. (kalo dari semarang tinggal lurus di tugu kartasuranya, kalo dari jogja, berarti belok kanan)

      ntar lampumerah ke 3 belok kiri.. (ada kog papan nama UMS)…

      ato tanya saja orang di jalan kalo masih bingung.. :)

      mudah di cari pokoknya..

  30. toreex Says:

    pernah naik bus turun terminal Solo, Oh My God… bnyak premannya

  31. Ahmad Says:

    Assalam. Mau minta tulung nih mas, dari terminal solo mau ke bandara adi sumarmo gimana rutenya dan bis apa.
    @Ahmad- di Cilacap

    • yang punya jalan solo jogja Says:

      maaf2 lama yang jawab.. kalo dari purworejo (saya juga belum pernah ke purworejo :)) sepertinya bisa naik bus ke terminal jogja oper bis jurusan ke solo.. trus turun di kartasura baru dari kartasura naik batik trans solo ato kalo gak naik taksi ke bandara adi sumarmo..

  32. teti Says:

    mas..
    aku mau tanya dong, kalo dari bandara adi sucipto mau ke delanggu, saya bisa naik apa ya?
    yang aman dan nyaman.. cause aku bawa orang tua dan anak kecil.
    mau cari alternative transport selain rental mobil.

    biar lebih murah gitu.. hehehe
    thanks.

    • yang punya jalan solo jogja Says:

      standarnya sih naik bis mbak.. tapi kalo siang bis2 jalur solo jogja itu ekonomi (non ac).. kalo malem baru bisa dapet AC ( bus surabayanan)..
      kalo naik kereta (pramex) setahu saya berhentinya di stasiun klaten.. berarti harus nyambung lagi.. nyambung ke delanggu nya naik bus juga.. malah kerja dua kali..

      kalo mau nyaman naik taksi mbak, tapi tarifnya pasti lumayan..

      kalo lebih murah naik bus itu tadi…. :)

  33. nany Says:

    mas, kl dr solo k jogja naek bus ituu ap lewatt jalan solo baru??
    thx

    • yang punya jalan solo jogja Says:

      setahu saya tidak mbak..
      rutenya kan solo-kartasura-klaten-yogya…
      tidak lewat solo baru..

  34. nanzy Says:

    Minta masukan dunk mas. kalo mau hemat budget dari solo ke Jogya (tepatnya di Amplaz Mall) mending naik bus (non AC) ato kereta ya?
    kira2 berapa ya beda harga nya?

    • yang punya jalan solo jogja Says:

      bus sepertinya lebih hemat.. :D
      bus ekonomi 7rb-8rb turun di janti disambung ojek ke amplas sekitar 10 ribu mungkin (g pernah naik ojek) ato mungkin bisa bus kota.. sama, tarif bus kotanya juga g tahu.. :D

      tapi misal di hitung cermat toh perbadaanya g terlalu signifikan antara bus dengan kereta.. bus 7rb-8rb, kereta 11rb.. n sama2 disambung angkutan lain utk ke amplasnya..

      cmiiw

  35. teguh Says:

    maaf numpang minta info, ada gak travel jurusan solo – jogja?…trus kalo ada dimana tempat agennya?…tks.

  36. cruzeiro Says:

    maaf saya mau tanya, liburan ini rencananya saya mau ke solo sama temen2 naik pramex dr jogja. lebih enaknya turun di stasiun mana ya? terus kalo udah sampe solo, transportasi yang ekonomis dipake buat ke pasar klewer/tempat wisata apa ya?
    sama satu lagi, tempat wisata yang menarik buat dikunjungi di solo mana saja? thx

    • yang punya jalan solo jogja Says:

      Mnurut sya..lbh baik tentukan dulu tujuan tmpt wsta yang mau dkunjungi..solo sepengetahuan ane ada taman balekambang.. PGS.. Galabo klo mlm hari..
      Mnurut saya turun d purwosari jg blh..dsitu bsa dbilang awal msk kota solo..jdi bisa mnikmati suasana solo..
      Mslh transportasi ane g bisa bnyk mmbntu..maklum k solo sllu pke mtr..jdi g ngeh ttg trayek bis/angkutan umum.. Tpi temen2 kmpus saya dulu jg prnh ksolo dan carter angkutan..mngkin bsa sbg referensi..Maaf jika informasi yd dberikan terlalu minim..
      Selamat berlibur..

  37. Ayah Rayya Says:

    saya mau tanya nih…
    rencana dari Purworejo mau ke Wonogiri….
    Ada yg bisa bantu saya menggunakan jalan pintas Yogya-Klaten-Cawas-Wonogiri
    Mohon panduan saya mesti berbelok menuju Cawas dari jalan utama Yogya-Solo di pertigaan/perempatan mana? Kemudian apakah susah jalur tersebut (Yogya-Cawas-Krisak-Wonogiri)?
    Terima kasih

    • yang punya jalan solo jogja Says:

      Maaf pak saya pribadi tidak terlalu paham jalur tsb. Mgkn ada pembaca lain yang bisa memantu.

  38. arysh Says:

    Saya mau tanya…
    Sekarang kalau cari bus jogya solo, yang paling dekat ke mana ya…dulu begitu turun dari Bandara Jogya, tinggal jalan kaki terus menyeberang, tinggal nunggu dan pilih Bus nya.
    Kalau sekarang dimana ya…Jika cari yang PATAS dimana juga..

    Salam,
    sos

    • yang punya jalan solo jogja Says:

      Betul mas/mbak.. Tinggal jalan n nyebrang dri bndara,bnyak bis jur jogja solo.
      Tpi klo patas,setahu saya cuma bis eka yang notabene bus jurusan sby jgja. Tpi bus surabayanan blh naikin penumpang djlan klo sudah mlm..

      Smg membantu.

  39. didikhartanto Says:

    pas bgt infonya, thx

  40. jeane Says:

    maaf mas numpang tanya boelh? saya mau ke RS KU di jl. Amerta 6-8 (raya terminal karta sura ). kl saya naik bis turun di terminal purwosari lanjut naik apa ya. soalnys saya ajak anak utk berobat. thanks sebelumnya

    • yang punya jalan solo jogja Says:

      Terminal purwosari? Yg dimaksud stasiun purwosari atau terminal tirtonadi?

      RS KU itu kpnjanganny apa y bu? Klo letaknya dsekitar terminal kartasura, naik bus kota aja ke arah kartasura bu.

      Cmiiw

      • yang punya jalan solo jogja Says:

        Rs ku rmh skt karima utama.
        Saya nmbahin dikit. Klo g salah itu dijalur bis arah terminal, ibu naik bus kota arah kartasura.

        Cmiiw.

  41. jeane Says:

    terima kasih banyak atas bantuannya.

  42. betha Says:

    hay bozzz, salam kenal….
    mau tanya ne, kalau kira2 kami dari palur karanganyer mau ke jogja lewat mana ya???
    soalnya kami sama sekali tidak tau arah jalannya, bisa kah boz bantu kami beri tahu jalan lebih signifikan lagi???

    • yang punya jalan solo jogja Says:

      Maaf bos bru ane jawab..ane sebenarnya tidak terlalu tahu daerah sekitar palur.. Tpi mnurut ane dengan mengikuti jalur bus kota (bus kota solo kartasura klo g salah ada yang ke terminal palur kan? ATMO Cmiiw..) ikutin saja bus tsb bos ke arah kartasura. Jika sudah sampai tugu kartasura tinggal keselatan jika mau ke jogja.
      Cmiiw.
      Smga membantu. Salam.

    • belajarkehidupan Says:

      Bagi yang mau jalan dari karanganyar ke Jogja memang kadang bingung ketika masuk ke Solo dan memilih jalur ke Jogja/Semarang.

      Alternatif lain nih:

      Lewati jembatan palur ke arah Solo, lalu lurus aja ikutin jalan utama tersebut, lalu ada lampu merah pertama (kampus UNS), selanjutnya lampu merah kedua tetap lurus aja (Sekarpace – jangan belok kiri). Kemudian ada lampu merah ketiga (perempatan tugu Cembengan) ambil yang ke arah kiri. Ikutin jalan tersebut – lewatin RSUD Muwardi – tetep terus sampai lampu merah keempat (perempatan Panggung), ambil yang lurus ke arah barat.

      {Kadang sering bingungnya di jalan sini. Karena ada beberapa bis yang belok ke kiri (bis kota jalur A, bis wonogiri dan sukoharjo-nan).}

      Nah setelah lurus lewatin perempatan panggung sekitar 200 meter nanti ada dua jalan bercabang, yg satu fly over (ke arah sta.balapan-jalur bis ATMO).
      Belokan yang satunya ke kanan (arah terminal). Yang paling mudah sih ambil yang kanan, ke arah terminal. Ikutin aja jalan itu, nanti ada lampu merah perempatan Ngemplak, terus lurus aja, nanti lewatin underpass Kereta Api, tetep lurus terus. Setelah itu ada lampu merah satu lagi (pertigaan, kalau belok kiri ke arah Pasar Legi dan Sta Balapan), tetep lurus, maka sampailah ke jalan depan terminal.

      Setelah itu gampang, tinggal lewatin aja tuh terminal ke arah barat. Ikutin jalur bis terminalan yang ke arah Yogya dan Semarang.

      Semoga bermanfaat.

      • yang punya jalan solo jogja Says:

        Mantap..:-D trims brosis atas tuntunannya..
        Plg gampang sing ngikutin bis atmo aja..haha..:-D

  43. nanie Says:

    mau tanya jogja menuju bandara adi sumarmo berapa jam y,jika ditempuh dg naik motor,mhon jawabannya,maturnuwun

  44. @Apin_CT Says:

    terimakasih KK

    *dah bantuin promosi SPBU 44.574.21 Jl.Merbabu No.2 Klaten

    sekali lagi terimakasih KK

    #cemangad

  45. surya_A Says:

    mas kalo dari jogja ke solo dari adi sucipto enaknya naek apa ya….
    mohon infonya saya blm pernah ke solo….uda pertama sendiri pula…

    • yang punya jalan solo jogja Says:

      Naik pramex bisa bro..tpi entahlah apakah jadwl pramex sdh normal blm setelah kejadian pramex tergelincir kmrn..di adi sucipto ad stasiunnya.
      Ato naik bus jur jogja solo jg bisa bro..murah meriah..:-D
      Ato terakhir carter taxy bandara ke solo..mahal yg pasti..he..
      Silahkan dipilih bro..:-)

  46. Rina Says:

    mas tanya, kalau naik Mira/Eka dari Jogja apa memang harus dari terminal? rencana mau brgkat pagi jam 7 gt. atau bisa di janti?

    • yang punya jalan solo jogja Says:

      Klo dri pengalaman biasanyaa mira eka di terminal ato klo g sekalian malam.. Pagi jam sgtu biasanya g mau.. Dcoba aja distop mau g..
      Klo d janti bila bus eka ato mirany dri terminal lewat jalan layangnya brti mmg g mai dstop mbak..
      Cmiiw.

      • sidri Says:

        kalau naiknya di depannya agen-agen bus di timur janti itu bisa gak ya untuk bus mira/eka?thanks

      • yang punya jalan solo jogja Says:

        Klo masih siang sepertinya gak bisa. Seingat saya di timur janti sudah tidak ada agen bus eka/mira juga. Klo dulu pas ada bisa naik dari situ.

  47. elis Says:

    Mas, mau nanya. klu dari bandara adi sucipto ke Solo naik taxi kira-kira berapa harganya? mkash

    • yang punya jalan solo jogja Says:

      Klo dri info sodara ane, resmi dri bndaranya 210rb. Smga bermnfaat.

      • yang punya jalan solo jogja Says:

        Tiket dr pintu kluar penumpang sebelah kanan pesen di situ..milik kopkar AU..ntr dikasi no print tunggu

  48. dian Says:

    Mas Bro s’lam kenal,,mau tanya sebentar lagi saya pindah dari Jakarta ke Jogya,tapi tugas di Solo,kira kira enak naik mobil pribadi apa bawa motor ya,kalo dari Jogya ke Solo.berapa perbandingan waktu kalau naik diantara keduanya ,makasih

    • yang punya jalan solo jogja Says:

      Baik mobil ato motor menurut ane sktr 1jam lbh bro.. saran ane klo bisa dtempuh pke transportasi umum lbh baik pke transportasi umum..
      Pramex bsa jdi pilihan utk prjlnn pp jogja solo..

      Cmiiw

  49. Andie Says:

    Numpang nanya mas saya mau ke Alun2 joga dari purwosari solo, saya mau tanya enakan lewat klaten kota / bypass klaten ya mas & kira2 kalo jarak purwosari – alun2 jogja itu berapa KM?
    Mohon petunjuknya
    Terimakasih

    NB : saya pake mobil pribadi.

  50. Andie Says:

    Maaf mas mau tanya lagi,
    Kalo saya sudah sampai di Ambarukmo Plasa kalo saya mau ke alun2 utara lewatnya mana ya? Mohon petunjuk, karna saya takut nyasar ke jalan satu arah,.
    Terima kasih

    • yang punya jalan solo jogja Says:

      Saya krg bgtu thu mas..krn djgja jg mlh g pernh main ke alun2 utara..
      Cba brtny aj ke penduduk lokal..:-)

  51. teguh minarno Says:

    Ada tidak taxi untuk jam 5 pagi untu ke bandara adi sumarmo. Kami posisi di hotel perdana klaten

  52. aditya Says:

    mas,gni,saya mw tanya,kan rencana mau pulang ke blora lewat bandara jogja,
    la untuk naek bus dari bandara di mana?yang jogja – solo?
    Dan kalau sampai solo mau pindah bis solo – purwodadi, d mana y mas,
    makasih kalau mau menjawab.

    • yang punya jalan solo jogja Says:

      Kluar dri adi sucipto jalan kaki ke jalan raya naik bus jurusan solo turun dterminal tirtonadi. Dri tirtoadi sprtiny bsa naik bis ke purwodadi. Cmiiw.

  53. descent man Says:

    kalo tiba di adisucipto ud jam 7 malam, mau ke solo musti tunggu dimana bisnya? bis apa aja yg masi ada ya?

    • yang punya jalan solo jogja Says:

      Bis jutusan surabaya masih ad jam sgtu..kluar dri adi sucipto jalan kaki ke pertigaan lampu merah. Nyebrang jalan. Naik dri situ ke arah solo.

  54. harimulyo Says:

    dari setasiun solo ke magelang naik apa

  55. dilla Says:

    mas bro,perjalanan jogja- solo- semarang,brapa km? sekitar brapa jam tuh mas? nyaman gak cewek nyetir sendiri?

    • yang punya jalan solo jogja Says:

      Saya coba bntu jwb sis, klo pernh ane hitung jarak jogja-kartasura sktr 60 km terus kartasura semarang sekitar 90 km.. Mngkin waktu tempuh jgja krtasura sktr 1,5jam dan krtasura smg 2,5jam total tempuh sktr 4 jam.
      Karakteristik jalan mnrt ane agak berbeda sis. Jgja kartasura cenderung datar rata jarang jalan dtemukan bergelombang hnya sedikit saja. Smntra kartasura smg jalanny datar diawal tapi mulai boyolali jalannya naik turun. Dan bergelombang di beberapa titik.

      Klo masalah nyaman ato tidak sis nyetir sendiri ane kembaliin ke sis pribadi. Silahkan mngkin coba cari info ttg karakteristik jalan jgja solo(kartasura) semarang di sumber lain. Smg membantu.

      Cmiiw

  56. ryna Says:

    Maaafff
    kalo dari arah jogja ke solo baru daerah langen harjo kelurahan grogol sukoharjo solo itu naek apa ajha ya????

    • yang punya jalan solo jogja Says:

      Klo g salah sih hrsnya naik bus jgja solo turun dkartasura. Stlah itu oper naik bus kota jur sukoharjo.
      Cmiiw.

  57. hamri Says:

    mau nanya ya mas maklum sbagai pndatang bru ni, kalau naik bus jokja ke solo ap ad, busnya lewat kampus uii jokja dn klw ad turunnya dmn klw uda nyampe d solo, at ad bus yg berhenti lngsng d dkat kampus univ setia budi solo.

    • yang punya jalan solo jogja Says:

      klo uii kampus yang mana mas? ada beberapa lokasi setahu ane.. paling dilewati bus kota ato trans jogja.. cmiiw
      klo usb (setya budi) saya tidak terlalu tahu.. setahu saya bus solo jogja tidak melewati usb, mungkin harus oper pake bus kota.. cmiiw.

  58. aoi Nh Says:

    detail banget ya

  59. popo Says:

    maaf mas mau tanya, kalau kita dari solo mau ke UGM dan pengennya naik kreta pramex, kita mesti turun di stasiun mana ya??trs dari stasiun tsb ke UGM kita mesti naik bis ap ya?? mksih

    • yang punya jalan solo jogja Says:

      Lempuyangan ato tugu bisa. Tinggal ke shelter trans jogja deket stasiun naik trans jogja turun di halte trans jogja ugm.

  60. marlanzhepo Says:

    mas,mw tny nih! dari trmnl kartasura bus yg k bandara solo ad gk y?

  61. steve Says:

    Halo mas, infonya menarik sekali. Saya ada rencana berlibur ke Solo dari Jogja. Ada 3 tempat yang akan kami kunjungi termasuk belanja batik di Solo. Menurut mas apa kami sebaiknya carter mobil rental atau naik bus atau kereta? Terima kasih sebelumnya

    • yang punya jalan solo jogja Says:

      Menurut ane lbh enak carter pak pertimbangan bisa berhenti ato pindah tujuan tempat secara mendadak. Smg membantu.

  62. steve Says:

    oh gitu yah mas, klo gitu saya googling tempat carter dulu deh, makasih infonya yah, blognya bagus dan bermanfaat, cheers

    • yang punya jalan solo jogja Says:

      Ok mas sama2. Selamat berhunting ria mas. N blog saya biasa aj kog mas masih banyak yang lebih bagus kog. Salam. :-)

  63. steve Says:

    terima kasih mas, blog mas sudah banyak membantu, kan yang respon banyak hihihi, ok cheers

  64. ugenk Says:

    Malem mas, mo nanya klo dri jogja mo ke PG gondang naik bis apa dan ongkos brp skrng? Makasih sebellumnya

    • yang punya jalan solo jogja Says:

      Bus solo jogja gan..itu pabrik pinggir jalan kog. Klo ongkos hrsny g nyampe 5000.. Cmiiw.

  65. saiful Says:

    Salam knl mas,
    Saya mau tanya jalur jogja blora yg akurat njeh..saya akan menempuh perjalanan dg spd motor dari jogja,mhn info via email saya njeh..mtr nuwun

    • yang punya jalan solo jogja Says:

      Waduh mas blog saya itu sebatas membahas jalur solo jogja. Klo smpe blora saya masih buta mas. :-D ato mngkin cba ikuti jalur bis purwodadi dari solo. Dri pwddi lnjut ke blora. Cmiiw.
      Hati2 djln gan.

      • Widodo Says:

        Mas beberapa hari sebelum lebaran ini saya mau naik pesawat turunnya di Bandara Jogja. Saya mau pulang ke Gemolong, kalau naik taksi dari bandara jogja ke Gemolong kira2 brp tarifnya? Arus lebaran ne masih kebagian taksi ga ya? Trims :)

      • yang punya jalan solo jogja Says:

        Gemolong sragen?
        Ane g tahu mas tarifnya jatuhe brapa blm pernah masalahnya. Coba lngsung tanya aj ke sopir taksinya aja mas. Masih kebagian kog mas. Yang rame biasane bus.

      • yang punya jalan solo jogja Says:

        Oh ya sebagai gambaran. Saa pernah nyewa taksi dari kartasura-bandara jgja-kartasura klo g salah 150-200 rb mas. Lupa pastinya krna udh lama.
        Smg membantu.

  66. Dani Says:

    Mas broa, ane pendatang baru ni. kalo mau ke jalan slamet riyadi (bank danamon tepatnya) dari jogja. Kalo naek pramek turunnya dimana? N lanjut naek apa ya? Dan pulangnya ke jogja naek apa lagi?
    Mohon infonya :)

    • yang punya jalan solo jogja Says:

      Saya tidak tahu posisi pasnya danamon di jln slamet riyadi mas. Klo letaknya di slamet riyadi turun di purwosari. Lanjut naik BST aja gan, ato kalo mau gampang lagi taxi..hehe..
      Klo pulange brti.naik BST hruse.bis mas mnta turun di purwosari ato klo misal nglewatin balapan turun disitu jg bisa. Lnjut naik pramex ke jogja. Klo praktis naik taxi lagi.
      Semoga membantu mas. Maaf buta ttg rute bis di solo.hehe.

  67. elrasyid Says:

    Mas mau nanya Nich,
    Kira2 saya sampai bandara jogja 18.00 WIB, trus mau k sragen,

    1. Klo mau naik kereta,
    Naiknya dimn ya?Ada ndak ya yang tanpa oper bus lg, alias langsung sragen?
    Jam segitu masih ndak ya?

    2.bus eka/mira
    Naik dimana ya?
    Terimakasih,

    • yang punya jalan solo jogja Says:

      Naik kereta pramex dri stasiun bandara bisa gan. Pramex dari jogja (tugu) terakhir sprtiny setelah jam 6 msh ada. Tapi setahu saya pramex g sampe sragen. Kecuali mungkin bsa oper kereta. Cmiiw.

      Klo naik bis mlah sepertinya g pke oper y?bsa lngsng sragen. Klo naik bus eka ato mira tinggal jln kluar dari bandara ke jl solo jogja gan. Deket kog jalane. Nyebrang n nunggu saja bus di lmpu merah pertigaan. Semestinya klo mlm bis surabayanan boleh naikin penumpang di jalan. Klo blm boleh mngkn sekitar jam 7 mlm bru boleh. Cmiiw.

  68. elrasyid Says:

    Mas mau nanya Nich,
    Kira2 saya sampai bandara jogja 18.00 WIB, trus mau k sragen,

    1. Klo mau naik kereta,
    Naiknya dimn ya?Ada ndak ya yang tanpa oper bus lg, alias langsung sragen?
    Jam segitu masih ndak ya?

    2.bus eka/mira
    Naik dimana ya?
    Terimakasih,

  69. Hasby On Says:

    Mas/mbak yang Pro. mau nanya nich,
    kira2 kalo dari solo-Kulon progo naek bis/kereta bisa apa ga ya ?? kalo ad kira2 ongkos nya berapa ya ?? ^_^

    Mohon di jawab mas/mbak. saya lagi memperjuangkan cinta saya. mau ketemu seseorang tapi tak tau arah. takut ke sesat. haha ^0^

    Terimakasih

    • yang punya jalan solo jogja Says:

      Ke jogjany bsa naik bis turun di terminal. Klo kereta saya g tahu mas nympe kulon progo gak biasane cma sampe stasiun tugu saja. Ke kulon progo saya jg g thu naik ap yg plg enak. Bus entahlah ada ato tidak. Mngkn taksi bisa jadi pilihan. Biaya g tahu pastinya. Yg pasti naik bus sktr 7rb 8rb. Kereta 10rb.
      Cmiiw.

  70. Hasby On Says:

    Mas/mbak yang Pro. mau nanya nich,
    kira2 kalo dari solo-Kulon progo naek bis/kereta bisa apa ga ya ?? kalo ad kira2 ongkos nya berapa ya ?? ^_^

    Mohon di jawab mas/mbak. saya lagi memperjuangkan cinta saya. mau ketemu seseorang tapi tak tau arah. takut ke sesat. haha ^0^

    Terimakasih.

    Adminnya/yang bikin situs ini ada FB resmi ga?? biar bisa tanya jawab gtu. Makasi ^_^

  71. rozie Says:

    Gan mau tanya taksi kali dr bandara adi sucipto ke kartosuro berapa ya ?

  72. rozie Says:

    Kawan saya mau tanya …kalu dari bandara adi sucipto ke terminal naik apa enaknya trus kalu terminal ke kartosuro bis apa ..mohon dibantu

    • yang punya jalan solo jogja Says:

      Adi sucipto ke terminal bisa transjogja mas.

      Ato g usah k terminal lngsung naik bis aj di pertigaan lmpu merahnya. Keluar bndara ada pertigaan.

  73. hendi Says:

    Mas, mau tanya, kalau dari jalan underpass di kartasura (makamhaji) kalo mau ke jalan raya solo-jogja enaknya naik apa ya Mas?
    Oya, di Solo ada pusat penitipan motor tidak ya Mas? jadi bisa titip motor, kemudian naik bis ke ke jalan raya solo-jogja? Trus dari tmpt penitipan itu naik bis apa ya??

    Maaf mas, saya masih baru di Solo

    • yang punya jalan solo jogja Says:

      Klo titipan mtr haruse bsa dtrmnal mas..
      Klo dari makamhaji.bisa langsung ke arah barat mas..ketemu jln solo jgja.

  74. catri Says:

    tolong dikasih belok ny kiri kanan apa lurus. mksh.

  75. echa Says:

    mas klo dari arah ngawi mau ke bandara solo gmna ya

    • yang punya jalan solo jogja Says:

      Ikuti aja petunjuk jalan ke solo. Sampe solo tinggal lewat manahan lurus ke barat sampe perempatan colomadu belok kanan. Lurus smpe.ke bandara. Cmiiw.

  76. devi Says:

    Mas klo dari jogja mau ke serengan solo naik kereta dari stasium tugu baiknya nanti turun d stasiun mana ya mas? Trus dari stasiun saya sambung kemdaraan apa lg y mas? Tlmg in mas… Trims…

    • yang punya jalan solo jogja Says:

      Kalo menurut saya turun di purwosari lnjut naik tasi mbak. Karena saya g hapal jalur bis.
      Cmiiw.

  77. devi Says:

    Mas klo dari jogja mau ke serengan solo naik kereta dari stasium tugu baiknya nanti turun d stasiun mana ya mas? Trus dari stasiun saya sambung kemdaraan apa lg y mas? Tlmg in mas… Trims…:)

  78. selldy Says:

    mas….kalau dari bandar udara yogya,,,mau ke solo sebaiknya naik apa? dan dimana?,,,Terimakasih

    • yang punya jalan solo jogja Says:

      Naik kereta bisa. Dari stasiun kereta di depan bandara.

      Naik bus jg bisa,jalan lurus ke pertigaan melintasi rel. Trus menyebrang jalan. Naik bus ke arah solo.

      Smg bermanfaat.

      • Marlan Zhepo Says:

        Pada 14 Jun 2013 06.12, “Solo – Jogja” menulis:

        > ** > yang punya jalan solo jogja commented: “Naik kereta bisa. Dari stasiun > kereta di depan bandara. Naik bus jg bisa,jalan lurus ke pertigaan > melintasi rel. Trus menyebrang jalan. Naik bus ke arah solo. Smg > bermanfaat.”

      • wawa Says:

        mas mau nanya..
        1. dr stasiun solo balapan mau lanjut k selogiri wonogiri naek bis drmn y?
        2. klo dr wonogiri mau k bandara adi sumarmo itu naek apa jg y??
        makasih sebelum dan sesudahnya :)

      • yang punya jalan solo jogja Says:

        Menurut saya, naik bis dari terminal tirtonadi saja mbak. Dari balapan lanjut naik bus kota/taksi ke terminal tirtonadi. Dari situ baru naik bus ke arah wonogiri.

        Kalo dari wonogiri naik bus turun di tirtonadi lanjut naik bus kota(solo batik trans damri) ato taksi ke bandara. Ato klo misal ada bus dari wonogiri bisa nurunin penumpang di kartasura (perempatan ato terminal) lnjut dengan taksi ke bandara.

        Cmiiw.

  79. riean Says:

    dear admin,
    mas saya mau tanya….
    bus dari tirtonadi ke yogyakarta itu ada yang pagi sktr jam 1-3 pagi gag? saya mau ke jogja dari semarang, berangkat malem… jd nyampai yogyakarta pagi mas… ada tes soalnya di UGM jam 8 pagi. ada saran/rekomendasi lain mas? hhe… trims

    • yang punya jalan solo jogja Says:

      Ada mas..bus dri tirtonadi kr jogja dini hari ada.. Bus2 surabaya jogja itu sepengetahuan saya selalu ada klo mlm..
      Saran lain kalo dri smg k jgja g nyoa travel mas?tapi kurang tahu maslah waktunya jam brpa saja.

      Cmiiw.

  80. fadil Says:

    mas bro numpang tya kllo dari bekasi ke solo lewat mna ajhk ea n naik motor kira” brapa lma,,, ??

    • yang punya jalan solo jogja Says:

      Lewat pantura gan..:hammer:
      Ane g tahu detailnya gan rute bekasi-solo. Ikuti aja rambu pnunjuk jalan gan. Ato mngkin bisa gunain peta mudik gan. Ato biasane ada angkutan laut gratis jkt-smg,klo g salah tahun kmrn pemudik dan motor diangkut kapal tni al. Mngkin bisa jadi alternatif gan opsi tsb ktka nympe smg tinggal dlnjut naik mtr ke solo.
      Smga lancar n selamat sampe tujuan.

  81. angga Says:

    Mas kalau dari bandara mau ke daerah Prambanan jam 19.30 paling mudah naik apa dan dari mana ya? makasih dan jam

    • yang punya jalan solo jogja Says:

      Naik bus arah ke solo. Jalan aja dri bandara ke prtigaan. Jam2 sgtu msh ada bus malam ke arah solo (bus surabayanan).

  82. Halimah Says:

    Kalau jalur paling cepet Solo Jogja enaknya lewat mana mas?

  83. Ziko Says:

    Gimna caranya cari bus jurusan ke kota solo dari bandara adisucipto?

    • yang punya jalan solo jogja Says:

      Jalan keluar dari bandara sampe ketemu lampu merah. Disitu cari bis ke arah solo.

  84. fahmi Says:

    mas,saya dari kediri mau ke bandara adi sumarmo,enaknya rutenya bgaimana?kalo naik bis (mira/eka) lebih enak turun dimana?

    • yang punya jalan solo jogja Says:

      Turun di kartasura mas. Lanjut naik bus ke arah bandara adi soemarmo, setahu saya, bisa naik trans batik solo (bener gak nyebutnya) itu ad rute ke bandara. Mentok2 naik taksi mas. :)

  85. Eko Wijie Says:

    Maaf mas numpang tanya,, klu dr bandara adi sucipto, trus mo lanjut ke ngawi naik bus,,
    Perlu naik taksi lagi atau bisa jalan kaki tuh mas,, saya liat di google earth kayaknya deket,, trus kira2 aman gak mas?
    Makasih tuk infonya mas,,,

  86. abi harits Says:

    Mas numpang nanya klo hotel budget daerah antara jalan surakarta-jogja tepatnya deket kampus IAIN Surakarta boleh ada referensi?

    • yang punya jalan solo jogja Says:

      Iain surakarta berada di kartasura. Hotel sekitar kartasura ada hotel pramesthi. Cmiiw kalo g salah sebut nama. Letaknya di perempatan kartasura. Klo tariff saya kurang tahu mbak mas. .:)

  87. andri setiono Says:

    bus yg lewat dari purworejo(pendowo) ke arah stasiun lempuyangan jogja ada ? n kira” pukul brapa nympe pendowo ?

    • yang punya jalan solo jogja Says:

      Saya kurang tahu mas. Kemungkinnannya tetep turun diterminal dulu baru ke stasiun pke jogja trans. Klo g salah bukannya pramex ada yg sampe ke purworejo ya.
      Cmiiw

  88. Kanita Melarillis Cita Says:

    Mas kalo mau ke ugm dari klaten brp kilo? Naik bis brp lama?
    Suwun ;)

    • yang punya jalan solo jogja Says:

      Haruse kuranglebih sekitar 40-50km an. Naik bis satu jam kurang dan dlnjut naik bus kota ato moda transport lain ke ugmnya.
      Cmiiw

  89. hendri aja Says:

    Ass. mas mau tanya nih law dari bandara adi sucipto ke UMS berapa kilo mas???
    nd ongkosnya berapaan tuh???

    • yang punya jalan solo jogja Says:

      Mngkn g nympe 5 km mas..saya jg g pernah merhatiin..yg pasti g jauh. Naik solo batikbtrans sptinya bisa. Ato kalo g naik taksi.
      Cmiiw

  90. isya Says:

    mas, kalo dari pabelan mau ke jl. kaliurang jogja, enaknya naik kereta/bis? trus klo bis naiknya dari mana? turun’y dmana?

    • yang punya jalan solo jogja Says:

      Kalo lebih enak yg mana saya malah bingung yg jawab mas. Yg psti kalo saya dulu pas naik bis turun di janti jogja,lanjut naik colt ke arah ugm(jalan kaliurang).
      Jl kaliurang nya yg utara ato selatan ringroad mas?klo yg selatan bisa naik transjogja. Klo yg utara setahu saya transjogja tidak melewati rute ke utara ringroad.cmiiw.
      Klo naik kereta sami mawon mas,turun lempuyangan ato tugu tetep dilanjut pke angkutan umum lagi. Trans ato taksi.
      Kalo anda dari pabelan paling mudah naik bus. Tinggal nunggu dari jalan raya ketimbang naik kereta yg harus ke purwosari ato balapan untuk naiknya.
      Cmiiw. Semoga membantu.

  91. ramdani Says:

    info yang bermanfaat nih. trims atas oleh2 “mblusukkannya’. saya insya alloh dari stasiun ka klaten mau ke desa selokaton (ponpes imam bukhori njemput anakku). mudah2 an sampeyan bisa bagi info bus apa yang lewat dari itu. atau ada rekomend lain. sebelumnya saya haturkan Terima kasih atas jawaban infonya ditunggu…

  92. tan Says:

    tolong kasih taukalau dari arah depan uns dari timur mau ke UNY dan kasih tau rambu-rambunya plus belok (kanan/kirinya).

    terima ksihh ;)

    • yang punya jalan solo jogja Says:

      Kalo kanan kiri g hapal mas. :D
      Gampangnya gini, dari uns mo ke uny. Liad rambu jalan ikuti arah ke kartasura-klaten-yogyakarta. Nah di yogya dari fly over janti lurus sampe lampu.merah pertama belok kanan. Kalo tidak salah ingat itu jl gejayan. Uny deket situ. :D
      Cmiiw

  93. sovi Says:

    permisi numpang tanya ne,,,kn ak awal bulan dpan mw k jogja,,kalo dr arah sukoharjo it lebih dket k prambanan ap borobudur ea???trus jarak dr sukoharjo k prambanan berap km,dr sukoharjo ke borobudur brpa km???

    • yang punya jalan solo jogja Says:

      Lebih deket prambanan menurut saya. Prambanan di perbatasan yogya klaten. Borobudur di magelang.
      Kalo jarak tempuhnya berapa ane kurang tahu.
      Cmiiw.

  94. pudjie Says:

    kalau mau ke jogja lewat ringroad (jalan bis) dari arah sragen kira-kira perjalanannya berapa menit dan mengikuti bis mira,eka nanti nyampainya mana ?

    • yang punya jalan solo jogja Says:

      Klo dri sragen kurang tahu berapa menit mas.
      Nyampenya klo ngikutin bus mira eka jurusan jogja nympenya bisa fly over janti jogja.
      Cmiiw

  95. Veri Ambar Sari Says:

    Kos saya deket ringroad jakal, klo mau ke solo gmn naek bis?bisa dicegat di ringroad gak?

    • yang punya jalan solo jogja Says:

      Setahu saya bus ke solo g ad yg lewat ringroad. Mnding naik dari flyover janti, dskitran flyover jg ad titipan mtr jikalau mau menitipkan motor.
      Cmiiw

  96. sumardani Says:

    numpang tanya… kalo dari Htl Paku Mas Yogya mo ke PT Indo Acidatama di sekitar Sroyo-Kec. Kebak kramat- Karanganyar, dengan transportasi bus gmn caranya??? trims…. info ditunggu banget…. :)

    • yang punya jalan solo jogja Says:

      Klo naik bus saya cma bisa memberi masukan naikdari janti jogja. Cma masalahnya saya tidak tahu alamat pas pt tsb,shg blm bisa membantu harus turun dimana. :-)

  97. Arif Sofianto Says:

    Mas,minta pencerahan.
    Kalau dari bandara adi sucipto mau ke salatiga naek apa
    Kalo kluar bandara arah mana,
    Trus bis yogja kartasura itu apa aja.
    Suwun..

    • yang punya jalan solo jogja Says:

      Yg ad di pikiran saya kelr bandara nyebrang jalan naik bus ke kartasura. Turun di tugu kartasura ganti bus ke arah semarang.
      Bus jogja kts :srimulyo,langsng jaya dan lainnya yg saya sudah lupa.
      Bus kts-semarang:royal safari,taruna,ismo,raya dan lainnya juga.

  98. fini Says:

    saya mau ke rs karima utama naik kereta api, stasiun terdekat ke rs itu apa y? trus dr stasiun naik apa lagi ?

  99. Khairul Ula Says:

    min sepanjang jalan diatas kalo mau nyari kost di daerah mana ya,,,yg terdekat dengan tempat kerja (di prambanan).
    mohon infonya min ke putrakepritan@gmail.com

  100. teguh Says:

    Mas mau tanya, kalo bis solo-jogja lewat pabrik/museum gula gondang winangun atau tidak?
    terima kasih

  101. Alfian Oky Pranata Says:

    mas bro, kira2 kepadatan jalur solojogja dan jogjasolo sekarang brp ya?

    • yang punya jalan solo jogja Says:

      Yg pasti sdh lebih padat. Dari pngalaman temen yg bilang dia ke jogja merasa lbh lama sekarang,naik mobil. Mngkin klo naik mtr ttp bisa lbh cepat.
      Cmiiw.

  102. irfan Says:

    mas, mau Tanya, kalo mau ke hotel sahid jaya solo, dari magelang, dan naik bis patas eka, bisa nggak langsung turun di depan hotel ?, kalo tidak maka turun diterminal tirtonadi, kalo pakai taksi ongkosnya berapa ya ? tks atas bantuannya.

    • yang punya jalan solo jogja Says:

      Tidak bisa turun di dpn hotel mas. Klo dari tirtonadi naik taksi setahu ane ongkos dalam kota 20rb mas. Cmiiw.

  103. ezradenia Says:

    kalo jalur kereta solo jogja, kereta bakal berhenti di balapan dulu baru purwosari, atau purwosari dulu baru balapan ? trims

    • yang punya jalan solo jogja Says:

      Kalo dari solo ke jogja stasium balapan dulu baru purwosari.

      Klo dari jogja ke solo stasiun purwosari baru balapan.

  104. jokopriyonoJoko Priyono Says:

    maaf mas mau tanya ni,kalau mau ke ugm dari terminal kartasura nanti turunnya dimana saja terus tolong kasih penjelsannya ya?
    terima kasih

    • yang punya jalan solo jogja Says:

      Turun di janti jogja mas. Dari janti antara ojek ato angkutan umum colt ke ugm. Bsa jg transjogja. Tapi saya g hapal trayeknya. Cmiiw

  105. saiful Says:

    Mau tanya. Kalo naik taxi dari bandara adisucipta jogja ke kota solo kira2 habis brapa? Atau ada ga travel yg khusus melayani antar jemput di bandara. Mintatolong dijawab lewat email saja
    Trimakasih.

  106. saiful Says:

    Stasiun yang dekat.bandara adi sucipto jogja namanya stasiun apa?

    • yang punya jalan solo jogja Says:

      Di bandara adi sucipto ada stasiun. Biasanya untuk pemberhetian pramex kreta trayek solo-jogja.

      • Asih Alina Says:

        maaf mas mu numpang tanya ne…rencana ntr plang dr jkarta ke ngawi,mu nae pesawt n trunna dijogja dri bandara jogja nae apa ya mas ke trminal ngawi..nae bis/kreta..klu nae bis,bis ap n dmna??? dan klu nae kreta nae’na dri mna??…dan itu brapa jam diperjlananna…mksih sblumna ats jwbnna..

      • yang punya jalan solo jogja Says:

        Saya krg paham kalo ke ngawi mbak. Yg pasti kalo dari bandara jogja. Keluar trus nyebrang jalan ada bus ke jurusan surabaya. Cuma tidak setiap saat bisa di stop. Baru bisa distop di petang biasane. Tapi apakah bus ke sby melewati ngawi ato tidak saya kurang tahu.
        Kalo kereta saya kurang paham trayeknya.
        Terima kasih.

  107. amran Says:

    mas mau nanya…kalo dari bandara adi sumarno ke terminal sragen naik apa ya?

    • yang punya jalan solo jogja Says:

      Di bandara itu klo g salah ada batik solo trans. Coba tanya apakah smpe ke terminal solo. Kalo iya tinggal nyari bus ke sragen di terminal solo.
      Cmiiw.

  108. Jaka Samodra Says:

    mas numpang tanya.. kalo naik kereta dr kutoarjo-solo dengan tujuan uns, lebih dekat turun stasiun mana ya? lalu naik angkutan apa?

    • yang punya jalan solo jogja Says:

      Klo g salah, di purwosari ato balapan bisa turun trus lbjut naik bus kota. Dulu bus atmo skrg jadi batik solo trans. Cmiiw.

  109. saeni Says:

    maat pak mau nanya,,, hari ini hari kedua lebaran di jalan sepanjang jogja – solo ada apa ya. kok bis dari arh wetan cuma sampai solo aj. padahal saya dari madiun mau ke jogja ni..
    terima kasih pak…

    • yang punya jalan solo jogja Says:

      Dari pandangan mata tidak ada apa-apa pak. Mnrut saya mngkin hnya sampe solo krna po lbh mengejar pnmpang trayek solo-sby. Krna solo jgja klo siang bus dri sby tdk bsa menaikkan pnumpang. Hal ini bsa salah juga. Lebh baik dikonfirmasi ke po ybs lgsng.

  110. jimjoker Says:

    Mas kalo mau ke lab cito kridosono jogja,naik bis dr solo turun mana ya yg deket? Matur nuwun

    • yang punya jalan solo jogja Says:

      Mnrt saya turun dijanti mas. Nah tinggal dri janti bsa disambung pke taksi ato ojek ato mngkin transjogja.
      Cmiiw.

  111. Daniel Says:

    Mas Bro, mo nanya. Kalo naik mobil pribadi dari arah Solo ke Jogja atau sebaliknya, apa ada SPBU atau resto yang punya fasilitas toilet yang super bersih kayak di SPBU MURI Tegal? Rencana buat mandi pagi sekeluarga. Dan apa bisa kasih info dimana tempat penitipan mobil dekat bandara Adisucipto? Trims Bro.

    • yang punya jalan solo jogja Says:

      Maaf bro kalo masalah toilet bersih ane g ngecek satu-satu. :-D
      Klo titipan mobil deket bandara kayake gak ada. Ane tahunya cm parkiran dbandara itu saja. Cmiiw

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: