Keamanan Password

Anda pasti pernah mengetahui tentang sebuah akun dibajak, entah situs jejaring sosial, forum maupun id-id untuk login lain yang membutuhkan id dan password. Bagaimanakah semua itu terjadi?? Banyak cara untuk melakukannya, sebut saja 1001 jalan menuju Roma. Namun hal-hal tersebut tetap bisa kita minimalisir dengan menerapkan sebuah password yang aman (secure).

Bagaimana password dikatakan aman?? Setiap orang dan sistem memiliki standar sendiri-sendiri. Misal seorang user merasa aman dengan passwordnya (tidak bisa di tebak orang lain) jika password tersebut ada angkanya. Begitu pula dengan orang lain, pasti memiliki standar sendiri dalam membuat password. Banyak beranggapan password dengan kombinasi angka huruf maupun karakter khusus, akan sangat sulit dihafal. Keinginan hati ingin dicatat di sebuah media, namun jika hilang kita akan kesulitan mencarinya. Belum lagi jika media tersebut ditemukan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

jalansolojogja - keamanan password
Sebenarnya hal tersebut dapat dipermudah. Misal kita memiliki sebuah password “230689” (tanpa tanda petik). Anda pasti bisa menebak, ya betul, itu adalah sebuah tipe password yang banyak digunakan oleh khalayak umum yaitu tanggal lahir. Password tipe ini sangat mudah diterka, kombinasi tambahan jenis ini adalah dengan menulis lengkap tahun kelahiran menjadi 4 digit. Kami tegaskan password tersebut sangat rentan ditebak oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab disekitar anda.

Oleh sebab itu, mari kita gunakan jenis password yang aman, dengan kombinasi huruf dan angka, minimal, atau lebih bagus lagi jika ditambahkan karakter khusus dan huruf besar. Dalam sistem dapat berbeda-beda syarat minimal sebuah password dikatakan aman. Ada yang meminta minimal 6 digit, 8 digit dengan atau tanpa kombinasi yang telah disebutkan di atas.

Mari kita ubah contoh password “biasa” tadi menjadi “aman”, dengan langkah-langkah sederhana.

230689 kita ubah menjadi 23juli89. Di sini terlihat sudah terdapat penambahan panjang karakter dari 6 menjadi 8 karakter. Lebih baik begini daripada tidak ada kombinasi karakter sama sekali. Namun ini masih mudah ditebak, mari kita coba sisipkan karakter khusus untuk lebih menjadikan password kita ini aman.

Sebelumnya, kita membuat aturan terlebih dahulu untuk mempermudah kita mengingatnya. Misal, huruf alfabet no 2 kita ubah menjdai huruf besar. huruf i kita ubah menjadi karakter khusus tanda seru “!”. Aturan tersebut sebaiknya digunakan dengan skala prioritas, untuk mencegah terjadinya kerancuan. Misal huruf kedua adalah huruf i, bagaimana kita mengaplikasikan aturan yang telah kita buat tadi terhadap kasus seperti ini?? Untuk itulah skala prioritas diperlukan agar tidak rancu. Jika menemukan kasus seperti ini, maka aturan yang lebih dahulu disebutkan digunakan terlebih dahulu. Huruf “i” tersebut tetap menjadi “I”, walaupun ada aturan bahwa huruf i diubah menjadi tanda seru “!”.

Jika menganut aturan yang telah kita buat tadi, maka password “23juli89” (tanpa tanda petik) akan menjadi “23jUl!89” (tanpa tanda petik). Lebih aman lagi bukan??? karena password anda telah memiliki 4 kombinasi tipe karakter, yaitu huruf kecil, huruf besar, angka dan karakter khusus. (kebanyakan sistem sekarang ini telah menerapkan case sensitive (peka antara huruf besar dengan huruf kecil). Ya walaupun dasar dari contoh password tersebut adalah tanggal lahir, namun setidaknya telah lebih aman daripada hanya sekedar tanggal lahir biasa.

Dari sini kami menyarankan gunakanlah password yang sulit di tebak dan menerapkan kombinasi 4 jenis karakter.

Tags: , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: