Kopassus untuk Indonesia

Malam minggu (20100605), saya menepati janji dengan seorang teman lama untuk pergi ke suatu acara. Setelah tertunda karena turunnya hujan di sore hari dan berbagai hal kecil lainnya, malamnya saya ke rumahnya untuk “menculiknya”. Di tempat acara, ternyata tidak lebih dari 10 menit kami berada di dalam, haha.. Dia bingung mo ngapain di sana, akhirnya diputuskan untuk keluar saja. Masa acara malam minggu hanya berakhir begini saja? Di parkiran, saya ajak dia ke toko buku, dan dia mau.🙂 Sebuah buku telah saya incar dalam dua minggu terakhir. Saya mengetahuinya dari sebuah forum online di internet (walaupan saya terlambat mengetahui).

tanya:”Kopassus untuk Indonesia? Memang selama ini untuk siapa??”
jawab:”Itu judul buku, dan selama ini Kopassus memang untuk Indonesia”

Ya, “Kopassus untuk Indonesia”. Sebuah buku yang diterbitkan Kopassus bekerja sama Red n White Publishing. Buku setebal sekitar 300 halaman ini diterbitkan di akhir tahun 2009. Buku ini mengupas segala sesuatu tentang Kopassus. Sebuah kesatuan pasukan khusus (passus)/special force(SF) yang berada di di bawah TNI AD yang kemampuan operasinya di tiga medan (darat, laut dan udara). Di buku ini dituliskan tentang sejarah bagaimana Kopassus terbentuk sampai sekarang, tugas operasi, prestasi sampai sisi lain dari seorang anggota Kopassus.

Kopassus untuk Indonesia
Operasi pembebasan sandera dalam pembajakan pesawat di Woyla (1981) masih merupakan salah satu cerita menarik dalam buku ini. Sebuah peristiwa yang menjadi awal dibentuknya Den 81 GulTor, sebuah tim anti teror dari Kopassus. Dan masih terdapat beberapa sejarah penugasan lain Kopassus yang ditulis dalam buku ini. Di luar negeri, Kopassus telah menorehkan beberapa prestasi. Mulai dari operasi militer maupun prestasi dalam perlombaan. Beberapa kali Kopassus ikut serta dalam penugasan Kontingen Garuda di bawah PBB dalam menjalankan misi perdamaian di berbagai negara yang tengah dilanda konflik. Dan dalam perlombangan menembak antar negara ASEAN, Kopassus mengirimkan wakil terbaiknya dalam kontingen Indonesia. Dan gelar juara umum dapat dibawa pulang ke Indonesia.

Beberapa musibah bencana alam yang sempat melanda kawasan di Indonesia, menggugah berbagai lapisan masyarakat,kalangan militer maupun non militer. Kopassus bekerja sama dengan pihak lain ikut terjun ke tempat bencana, banjir di Jakarta, gempa bumi di Yogyakarta serta tempat-temat lainnya untuk membantu meringankan beban korban bencana. Bantuan berupa medis obat-obatan sampai dapur umum. Semua itu dipersembahkan untuk bangsa dan negara tercinta, Indonesia. Semua yang tertulis di atas, hanyalah sebuah sedikit cerita yang terdapat dalam buku Kopassus untuk Indonesia. Masih banyak hal-hal menarik yang lain yang terdapat dalam buku tersebut.

Tidaklah merugi memiliki buku ini bagi saya, sebuah buku yang dapat dijadikan koleksi pribadi. Rp 80.000,00 , sebuah harga yang murah untuk buku yang mahal. Dilengkapi foto dan ilustrasi untuk menunjang cerita yang ada.

“Lebih baik pulang nama daripada gagal di medan laga”

Tags: , ,

2 Responses to “Kopassus untuk Indonesia”

  1. ahmad Says:

    di gramedia ada gak????

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: