Dirgahayu Republik Indonesia

Bulan Agustus, sebuah bulan yang sakral bagi bangsa Indonesia. Bulan di mana akan diperingati di salah satu hari, sebagai hari kemerdekaan Indonesia. 17 Agustus 1945 lalu, negara kita merdeka. Kumandang proklamasi kemerdekaan dipekikkan oleh proklamator kita, Ir Soekarno – M Hatta. Sekarang usia kemerdekaan negara kita (akan) telah menginjak usia 65 tahun, dapat dikatakan sudah tidak muda lagi.

Apakah kita sudah merdeka?? Atau pertanyaan itu seharusnya begini, apakah kita sudah benar-benar “merdeka” ?? Dalam hal ini, kata merdeka memiliki lingkup yang luas. Kita memang sudah merdeka, merdeka dalam artian tidak dijajah lagi oleh penjajah. Kita adalah sebuah negara yang berdaulat. Dan jika ditinjau dalam aspek-aspek tebentuknya sebuah negara, kita sudah memenuhi kriteria-kriteria tersebut, seperti ada wilayah, adanya rakyat dan adanya pemerintah yang berdaulat.

Namun, kita mungkin saja masih berurusan dengan “penjajah modern” atau sebut saja “masalah modern”. Apa itu?? Paling mencolok, korupsi masih merupakan sebuah masalah pelik yang masih dihadapi oleh bangsa ini. Di mana rasa malu tidak lagi mampu menjadi kontrol sosial bagi pelaku, mungkin hukuman mati memang sudak layak menanti. Apakah itu saja?? masih banyak yang lain, dari kemiskinan, kebodohan dan hal-hal lain (dan saya paling benci jika isu-isu ini diangkat menjadi komoditas kampanye.. :fuck:). Manakah inti permasalahannya bangsa ini?? Inti ini tidak ada, semua menjadi sebuah siklus jika saya boleh bilang. Jika ingin mengatasinya tidak bisa di satu sisi, namun harus mencakup semuanya (layak seperti ucapan diplomatis). Namun memang itulah kenyataannya. Tidak bisa disalahkan satu pihak, semua salah. Semua harus dibenahi, tidak ada terkecuali.

Bagaimana dengan anggota de pe er?? (sebuah pertanyaan terlintas muncul di benakku) Ah, kalau itu, sebenarnya tidak usah dibahas lagi, semua juga sudah mengetahui bagaimana kinerjanya. Andai pemilihan presiden tidak ada sangkut pautnya dengan pemilihan legislatif, mending tidak usah memilih legislatif. Tidak pernah ada kepentingan masyarakat yang diurus. Mereka lebih senang mengurus diri sendiri. Apakah mereka tidak punya rasa malu om?? Rasa malu mereka sudah dijual ke pihak tertentu. Sebut saja mereka anggota de pe er, tapi kinerjanya betul-betul mengecewakan bagi pemilihnya. Bisa juga mereka lama-lama disebut musuh dari dalam untuk kasus-kasus tertentu.

dirgahyu republik indonesia ke 65

Jadi kita intinya kita sudah merdeka apa belum?? SUDAH, KITA SUDAH MERDEKA.. Negara ini telah merdeka di 17 Agustus 1945. Bagi yang masih mengatakan negara ini belum merdeka, selamat saya ucapkan kepada anda.. Karena anda telah menghianati dan menyia-nyiakan seluruh pengorbanan pahlawan-pejuang kemerdekaan yang telah berjuang.

Mimpi-mimpi indah kemerdekaan ini tidak akan pudar. Kemerdekaan ini nyata, kawan – musuh itu tidak ada, yang ada hanya kepentingan abadi. Biarlah Belanda tidak mengakui kemerdekaan Indonesia, yang penting kita tetap merdeka, kita mendapatkan kedaulatan yang utuh. Biarlah satu hari – 17 Agustus – sebagai hari pengingat terhadap pahlawan-pahlawan, pejuang-pejuang Indonesia yang telah rela mengorbankan semua yang dimilikinya untuk kemerdekaan Indonesia (terlepas sekarang bagaimana sepak terjang rakyatnya sendiri).

DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESIA !!

-Jangan bertanya apa yang bisa negara ini berikan kepadamu. Tapi tanyakan apa yang bisa kamu berikan untuk negara ini. -John F Kennedy-

Tags: , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: