Papercraft

Papercraft – sebuah istilah untuk kerajinan kertas yang dibuat untuk meniru sesuatu benda. Istilah lain, paper model, paper toy atau mungkin yang lainnya juga, yang penting merujuk kepada kegiatan ini, kegiatan mencari model (pola) di internet yang sangat banyak sekali menyediakan sourcenya, mengeprint pola-pola tersebut di kertas, trus gunting dan rakit.🙂

Papercraft ini saya ketahui ketika masih awal-awal kuliah, ketika main ke kost teman dan dilihatkan sebuah file papercraft. Yang semula saya ketahui adalah hanya actionfigur tokoh-tokoh anime japan, gundam (yang ini sepertinya sangat susah dibuat), maupun tokoh-tokoh game yang popular. Namun sekarang, saya mengetahui banyak juga papercraft untuk transformer, pesawat tempur, tank dan kapal selam pula..

Namun, karena keterbatasan waktu saya hanya selalu membuat Gundbound dragon, karena cukup simple dan mudah (tidak butuh banyak kertas, hanya dua buah saja, haha…) Dan sudah tiga kali saya membuatnya dan semuanya telah berpindah tangan ke teman-teman saya.. Ya sudahlah, (kalo sempet) besok buat lagi.. Lha ini saja buat “Anbu Mask”-nya Kakashi belum selesai. Padahal hanya tiga halam pola dan pola yang digunting besar-besar pula, namun kembali pada rasa malas saya yang lebih besar, akhirnya saya tunda dulu saja.. Hehe..

papercraft gunbound dragon
Dan yang perlu diingat sih, sebenarnya kertas yang dipakai harusnya kertas tebal (kalo g salah), googling saja untuk mencari jenis kertas yang tepat untuk papaercraft. Tetapi kalo saya, menganut asas yang penting jadi, saya pake kertas hvs saja… 70 gsm pula.. haha..

Dengan sedikit sentuhan kreatif, papercraft sepertinya bisa menjadi pilihan untuk diberikan kepada teman sebagai kado.. Mumer alias murah meriah, namun bermakna.. Hehe..

Tags: , ,

Leave a Reply

