10 Karakter Penonton Bioskop

Teringat sebuah film bioskop Indonesia zaman saya pernah saya tonton saat sma tahun pertama. Film yang berjudul “Janji Joni”, sebuah film yang menceritakan pekerjaan Joni (Nicholas Saputra) sebagai pengantar roll film bioskop dari satu bioskop ke bioskop yang lainnya. Dalam film tersebut disebutkan bahwa, setelah setahun bekerja Joni membagi penonton film dalam 10 klasifikasi/karakter, yaitu :

1. Penonton cari perhatian.

Menurut saya, tipe penonton yang norak dari segi busana, ngobrol dengan kelompoknya dengan suara keras bisa didengar seantero bioskop (bahas sesuatu yang wah), “OMG.. Co basket yang ganteng itu nelpon gue.. Hallo Sammy…”

2. Penonton piknik

Penonton yang ke bioskop full dengan snack dan camilan. Dari awal sampai akhir pemutaran film tidak bisa lepas dari camilan. Krauk, krauk, krauk…. atau Kraus, kraus, kraus…… Hehe..

3. Penonton pacaran

Ini nih, yang selalu dicari-cari penonton bioskop yang jomblo. Atau sebenarnya bisa disebut mengganggu konsentrasi saat menonton. Sembari melihat film, mungkin anda dapat mencari pasangan yang menonton film sambil curi-curi waktu. Paling ringan ya pegangan tanganlah, kalo keterusan paling bisa sampai “adu mulut”. Dan jika terjadi hal seperti itu, coba saja lihat sekeliling penonton yang sedang pacaran, dipastikan ada beberapa wajah-wajah mupeng yang sayangnya tidak keturutan. Hehe…

4. Penonton pembajak

Penonton yang memanfaatkan tiket nontonnya dengan baik. Dengan sekali beli tiket, namun bisa menonton film berulang-ulang. Yang pasti syarat mutlak adalah anda harus memiliki handycam untuk penonton tipe ini. Dan yang pasti hal ini melanggar hukum, jadi jangan menjadi tipe penonton yang ini ya..

5. Penonton spoiler

Penonton yang sudah mengetahui jalannya cerita film dari awal sampai akhir, dan selalu mengatakan apa yang terjadi kemudian dalam film tersebut. “Habis ini sang pria mencabut pistol dan menembak sang wanitanya dari belakang tepat di kepala.” Duduk di samping penonton tipe ini saya sarankan bawa lakban untuk menutup mulut orang tersebut. Haha.

janji joni
6. Kritikus film

Tipe penonton yang mendedikasikan waktu menontonnya untuk selalu berpikir apa kekurangan dan kelebihan film yang sedang dia tonton. Disatu sisi berusaha menikmati film, disisi lain harus menulis laporan tentang film tersebut. Tapi saya tidak pernah menemuinya sendiri di bioskop.

7. Penonton ponsel

Penonton yang sempat-sempatnya menerima panggilan telepon di dalam bioskop ketika film sedang diputar. Atau memang terpaksa dijawab karena yang menelepon orang penting. Bos, orang tua, atau pacar misalnya.. Hehe..

8. Penonton tidur

Penonton yang sangat dengan rela membuang sejumlah uang seharga tiket bioskop hanya untuk tidur di kursi empuk, dengan ruangan yang gelap dan ac yang super dingin. Atau kalau boleh saya duga, mungkin saja penonton tersebut terlalu lelah untuk menonton setelah ikut mengantri tiket dalam antrian yang cukup panjang..🙂

9. Penonton telmi

Penonton telmi?? Hmm.. Butuh kesabaran besar yag pasti ketika bersama penonton tipe ini.
a : “kenapa kog bisa mati sih??”
b : “ditembak ..”
a : “ow… pakai apa??”
b : “pistol….”
a : “ow… masa sih??? ”
b : “$*&!!**&@%$##@”

Mo gimana lagi, sabar saja saya bilang menghadapi penonton tipe seperti ini.🙂

10.penonton perfeksionis

Penonton yang sempurna. Apa yang dia dapat harus sesuai dengan apa yang dia keluarkan. kalo di film tersebut, diceritakan salah seorang penonton (Surya Saputra) yang menemui operator film (Gito Rollies) dan mengatakan bahwa kalau fiter yang sedang diputar tidak fokus gambarnya. Apakah benar?? Saya tidak tahu, yang pasti itulah sifat penonton perfeksionis, semua harus sempurna, tanpa ada satu cela…

Dari 10 karakter tersebut, karekter mana yang sesuai dengan anda ketika menjadi penonton film di bioskop??? Hehe..

Tags: , ,

2 Responses to “10 Karakter Penonton Bioskop”

  1. lemmot1me Says:

    saya?
    sedikit nomor 2,
    sangat sedikit nomor 3 (kalau yang ngajak nonton niatnya pedekate),
    sedikit nomor 5 (kalau diadaptasi dari buku dan udah baca bukunya),
    (lol)

    kalau situ yang mana?

  2. yang punya jalan solo jogja Says:

    @ lemmot1me : ane penonton perfeksionis, menikmati film secara sungguh2 – dan berusaha konsen ke film g urusan ma kanan kiri bawah atas. kecuali samping ane pacar ane, baru ane perhatiin..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: