Ketika Bencana Melanda (Indonesia)

Bencana alam tidak dipungkiri akhir-akhir ini melanda Bangsa Indonesia. banjir di Wasior Papua, gempa tsunami di Kepulauan Mentawai dan yang terakhir Letusan Gunung Merapi di Yogyakarta. Bencana tsb sudah pasti merenggut harta benda dan korban jiwa saudara-saudara kita.
pray for indonesia - jalansolojogja.wordpress.com
Dan dalam pengamatan saya, ketika bencana terjadi akan menggugah seluruh elemen masyarakat indonesia untuk bahu membahu korban bencana. Pemerintah sebagai otoritas tertinggi dalam pendangan saya, memiliki andil dalam setiap keputusan yang diambil dalam penanganan bencana. Entah tentang anggaran penanggulangan bencana atau penanganan korban atau pengungsi.

TNI yang pasti selalu turun membantu dalam setiap bencana. Banyak yang bertanya kenapa TNI ikut serta? Bukankah mereka bertugas untuk menjaga kedaulatan negara? Setahu saya, TNI dalam pelaksanaannya memiliki tugas non perang, dalam artian ini TNI dapat di turunkan ke lokasi bencana untuk membantu korban bencana.

Masyarakat Indonesia, dalam pengamatan saya, akan secara otomatis dalam satu komando akan melakukan kegiatan penggalangan dana. Entah melaui organisasi desa, lingkungan kerja maupun perorangan. Bantuan yang dapat berupa uang tunai maupun barang semua berusaha dikumpulkan dari dermawan dan disumbangkan ke lokasi bencana.

pray for indonesia - jalansolojogja.wordpress.com
Dan tentunya dalam pandangan saya, tugas relawan yang tidak dapat ditinggalkan. Relawan di garis depan maupun di lokasi belakang, semua memmiliki andil dalam penganggulangan bencana. Di garis depan, bagi saya tidak sembarang orang dapat ikut. Karena berhubungan langsung dengan ancaman bencana yang nyata, misal awan panas jika mengambil contoh bencana letusan Gunung Merapi. Ataupun relawan di belakang, di lokasi pengungsian, yang memiliki tugas tidak kalah penting. Seperti penaggulangan trauma, relawan dapur umum, semua memiliki peran yang sama.

Harapan saya, semoga bencana tidak kembali melanda negeri ini. Indonesia kembali menjadi negara yang tenang dan aman. Namun jika memang kita harus kembali menghadapi bencana kembali, saya (dan tentu semuanya) berharap sebuah kerja sama yang kompak antar lapisan masyarakat baik pemerintah maupun warga untuk membantu dan meringankan, saudara saudara kita yang sedang tertimpa bencana..🙂

#prayforindoneseia

Tags: , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: