Semarang dalam 1 + 2 hari

lama gak nulis, sekarang nulis lagi ah.. mumpung lagi semangat..😀

Akhirnya kesampaian juga keinginan saya bepergian ke Semarang (seorang diri + memakai angkutan umum). Hitung-hitung menambah sedikit pengalaman dan wawasan tentang kota sekitar. Dan juganya melengkapi tulisan saya tentang Solo – Yogya yang dapat pembaca temukan linknya di sebelah kanan layar anda.🙂

Ok langsung saja, pagi di akhir pekan itu ketika cek rutin di website pt x, terdapat pengumuman tentang tes tertulis yang diadakan di ibukota Provinsi Jawa Tengah. Saya yang buta terhadap kota Semarang, mencari informasi bagaimana ke lokasi tes tsb. Dari bantuan teman-teman di komunitas terbesar di Indonesia di f=19, regional semarang dan tentunya orang tua, akhirnya ada gambaran bagaimana harus menempuh ke lokasi tersebut..

Seninnya saya melakukan survei ke lokasi. Diawali dengan naik bus patas ke Semarang (20 ribu sekali jalan, turun di Sukun) dan dilanjutkan dengan naik angkutan umum atau bus kota dari Sukun menuju ke lokasi. Bus Patas jurusan Solo – Semarang menurut penilaian saya cukup nyaman dan sedikit hal yang menggelitik, patas jurusan tsb tetap menaikkan penumpang walaupun harus dalam kondisi berdiri (kalau bapak saya berkata karena mereka telah berlangganan) apapun penyebabnya bus tsb tetap nyaman dinaikin. Di Semarang menurut saya yang pasti kesan pertama adalah panas sekali..😀 Dan angkutan umum di Semarang jumlahnya banyak..😀 Kemarin naik 2 kali, ongkosnya 3500 dan 5000. Yang terakhir, kenapa sampai segitu karena saya banyak tanya2 kepada pak sopirnya (terutama tentang jalur2 angkutan ke lokasi tempat tes saya selain angkot) dan di jawab semua dengan sabar jadi sebagai ucapan terima kasih, saya bayar 5000..🙂

Setelah hunting penginapan, dapet penginapan yang menurut saya cukup bagus.. 75 ribu per malam dengan fasilitas AC, air
panas dan kulkas.. Setelah saya melakukan DP untuk kamar tsb, langsung pulang lagi.. Kali ini naik bus jurusan sukun
langsung, 8ribu ongkosnya sampai di Sukun (Setelah di perhatikan Sukun seperti Janti di Yogya, tempat buat oper ke kota).. Setelah dilanjutkan perjalanan dengan bus patas Semarang – Solo dan menempuh perjalanan 2-3 jam sampai juga di rumah..🙂

Dan di akhir pekannya lagi, kembali ke Semarang untuk tes seleksi.. Berangkat dengan membawa tas punggung bermuatan penuh (kayak mo ngungsi saja) kembali mengulang perjalanan senin sebelumnya.. Kecuali di Sukun ketika mau ke kota naik bus, saya kasih 10 ribu, ternyata g ada kembalian.. Mahal bener.. 2 hari ujian (tidak perlu di ceritakan bagaimana ujian tsb berlangsung, yang pasti ujiannya seperti ujian pada umumnya :p) setelah selesai ujian dan mau pulang, kembali naik bus ke Sukun.. Saya kasih 8ribu seperti hari Senin sebelumnya, malah dikembaliin seribu.. wtf! Benar-benar tarif yang naik turun (pendapat ane, tarif berarti tergantung kondektur yang bersangkutan)..🙂 Dan setelah dilanjutkan dengan naik bus Patas kembali, 2-3 jam perjalanan akhirnya kembali dengan selamat di rumah dan tinggal menunggu kabar pengumuman selanjutnya..🙂

Dan hasil perjalan kemarin, saya menemukan ciri khas dialek dari penduduk semarang dan sekitarnya. yaitu penggunaan kata “he’ e” yang dapat diartikan “iya” dalam Bahasa Indonesia.. Kalo di Solo “he’ e” bisa berarti “ho’ o”. Itulah keanekaragaman di Indonesia..😀

Tags: , , ,

One Response to “Semarang dalam 1 + 2 hari”

  1. Solo – Semarang | Solo - Jogja Says:

    […] jalur darat yang sudah saya tempuh selama kurang lebih 2 tahun ini. Berawal dari tulisan saya di “Semarang dalam 1-2 hari” ternyata memang Yang maha Kuasa mengarahkan hidup saya ke ibukota Jawa tengah, kota semarang. […]

Leave a Reply

