Wawancara Kerja

Sudah lama sepertinya saya tidak menulis di blog lagi..πŸ˜€
G adil rasanya jika blog ini terlupakan, sementara saya harus berkutat dengan perkerjaan saya..πŸ˜€
Karena blog ini tanpa saya sadari, telah menjadi “teman” saya…

Ok, di sini saya hanya berbagi pengalaman yang saya dapat dari mata dan telinga saya.. Wawancara kerja, tidak dipungkiri kadang seseorang ketika mendengar wawancara kerja, dalam pikirannya tergambar sebuah fase tanya jawab yang menegangkan (karena memang menentukan arah kedepannya).

Saya pernah membantu seleksi pegawai baru kantor, saat tahapan wawancara. Dalam ruangan tsb, pewawancara (pejabat kantor) setelah selesai mewawancarai, berkata. “Kog kayaknya hari ini tidak ada yang meyakinkan ya pesertanya. Dari sikap duduk aja tidak ada yang tegas. ”

Sebuah pernyataan yang cukup menggelitik saya. Sikap duduk? Apakah ada yang salah dengan sikap duduk pesertanya? saya tidak tahu.πŸ˜€ Karena saya tidak memperhatikan.. :p Yang pasti dari pernyataan tsb, saya hanya berpendapat bahasa tubuh dapat menceritakan semuanya kepada penanya.. Jadi ketika dalam proses wawancara, menurut saya, pastikan posisi badan tegap, dan tidak terlalu banyak bergerak atau membuat gerakan.. (seperlunya saja).. itu sih menurut saya..πŸ˜€ Yang pasti bikin diri anda senyaman mungkin tanpa mengurangi “ketegasan” anda dalam proses wawancara.

Dan juga saya singgung sedikit tentang surat lamaran kerja.. Pesan saya, pastikan anda menulis posisi yang akan anda lamar adalah sesuai yang dibutuhkan atau tertera di media pengumuman.. Jangan membuat istilah baru, misal posisi yang dibutuhkan Kiper, yang ditulis adalah Penyerang.. karena dari pengalaman, surat lamaran yang posisi lamarannya tidak sesuai langsung dikesampingkan..πŸ˜€ Jadi cermatlah dalam membuat surat lamaran..πŸ˜€

OK, sekian dari saya.. sedikit pengalaman ini semoga dapat membantu teman-teman yang akan berkutat dengan dunia kerja..πŸ˜€

Tags: ,

Leave a Reply

