Sebuah Liburan Ke Yogyakarta

3:48 PM 11/20/2015

Semua manusia pada dasarnya akan melakukan perjalanan ke suatu tempat, baik yang direncanakan atau tidak. Termasuk saya pada sekitar awal tahun 2015 melakukan perjalanan yang bisa disebut direncanakan ke Yogyakarta. Sebuah perjalanan akan bermakna jika, pelaku perjalanan, telah merencanakan segala sesuatunya sebelum sampai tempat tujuan. Bagi saya perjalanan yang direncanakan sebelumnya, lebih baik daripada perjalanan yang tidak direncanakan. Gak lucu kan, kalau kita melakukan perjalanan namun tempat tujuan belum ditentukan. LOL.. Minimal tempat tujuan sudah ditentukan, meskipun yang lain belum direncakan misal aspek tranportasi atau akomodasi.

Langsung saja, kemarin saat ke Yogya sebenarnya bukan tujuan semula, tujuan awalnya adalah ke kota Pasuruan atau tepatnya mau ke Taman Safari II, cuma karena beberapa hal akhirnya tujuan diubah ke Yogyakarta. Total hari yang dihabiskan adalah 3 hari 2 malam, menginap di sana selama 2 malam.

Hari pertama, berangkat menggunakan taksi ke Stasiun Purwosari kemudian naik Kereta Pramex dan selama di Yogya menggunakan motor sewa yang banyak ditawarkan di kota tersebut. Untuk sewa motor, sebagai pihak penyewa meninggalkan 3 identitas sebagai jaminan serta difoto oleh pihak penyewa. Setelah makan siang perjalanan dilanjutkan ke hotel yang telah dipesan sebelumnya. Hari pertama di Yogya dihabiskan untuk istirahat dan berkeliling di sekitar hotel saja.

Hari kedua, kunjungan ke pantai Parangtritis dilakukan. Perjalanan ke ujung selatan sambil menikmati suasana jalan yang dirasa lengang karena di hari tersebut merupakan hari masuk kerja. Selesai menikmati suasana pantai, perjalanan dilanjutkan dengan balik kanan kearah utara untuk menikmati menu jamur di sebuah tempat makan di daerah Sleman. Rasa capek di motor terbayar dengan suasana warung yang begitu enak dan nyaman, terdapat iringan lagu askutik juga di siang itu. Usai dari tempat makan, perjalanan dilanjutkan dengan berkunjung ke tempat saudara untuk bersua dan bersilaturahmi.

Hari ketiga, hari terakhir perjalanan ditentukan ke Kebun Binatang GembiraLoka Yogyakarta. Suasana pagi hari masih cenderung sepi dan tenang belum banyak pengunjung membuat kunjungan tersebut sangat menyenangkan. Dari sekian koleksi hewan Gembiraloka, koleksi satwa burungnya bagi saya yang menarik. Salah satunya burung Kakatua jambul kuning, yang pada hari itu ada kesempatan untuk berfoto dengan satwa burung tersebut. Selesai dengan Gembiraloka, perjalanan dilanjutkan dengan checkout hotel serta ke Stasiun Tugu sekaligus mengembalikan motor sewa. Akhirnya perjalanan ke Yogya diakhiri dengan kembali ke Solo menggunakan kereta Pramex kembali.

Sebagai gambaran, saya rekapkan pengeluaran selama melakukan perjalanan ke Yogya.

rincian pengeluaran perjalanan yogyakarta - jalansolojogja.wordpress

Rincian dan total di atas tidaklah mutlak, bisa berubah dan diubah tergantung kondisi dan lokasi. Untuk hotel, saya pesan melalui web reservasi online yang sekarang sangat banyak jumlahnya, saya ambil paket yang sudah sekaligus sarapan pagi. Lokasi hotel saya pilih yang sepi, karena ingin merasakan suasana lingkungan yang rada sepi.

Demikian adanya pengalaman perjalanan saya kali ini. Sebuah perjalanan yang tidak akan dilupakan dan akan selalu menjadi sebuah kenangan selama badan masih sehat. Rencanakan sedetail mungkin dan serapi mungkin, serta selalu siapkan rencana cadangan jika rencana awal tidak bisa dilakukan sesuai harapan. Tujuan, transportasi, akomodasi bagi saya adalah hal yang paling utama untuk direncanakan sedetail mungkin. Semoga sedikit ini dapat membantu pembaca jika ingin melakukan perjalanan ke suatu tempat. Salam.

Tags: , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: