Cuti Kerja

Cuti, setahu saya, merupakan salah satu hak seorang pekerja. Jatah cuti biasanya adalah 12hari dalam setahun (dikurangi hari cuti bersama). Terlepas setiap perusahaan mempunyai aturan tersendiri yang mengatur tentang cuti pekerjanya.

Beberapa waktu lalu, sebuah pesan gambar ramai di whatsapp tentang skema cuti di tahun 2017. Skema cuti yang dimaksud dengan memperhatikan letak hari libur nasional, kemudian disambung/ditambahi dengan ambil cuti dari perusahaan. Sehingga jatah cuti yang dijalani akan terasa lebih panjang, karena secara langsung bergandengan dengan libur nasional.

Tetapi dalam benak saya, skema cuti begini banyak yang mengambil. Jikalau memang cuti yang direncanakan bertujuan untuk liburan, biasanya tempat liburan bisa dipastikan padat. Kecuali cuti hanya untuk istirahat saja, tidak terpengaruh dengan ramainya tempat liburan.

Dalam hal ini, ada skema cuti lain yang bisa dipertimbangkan. Dalam kalender setahun, biasanya ada bulan yang tidak memiliki hari libur nasional atau jika ada hari libur nasional, jatuhnya di hari minggu. Jika skema cuti diambil pada bulan yang memiliki kriteria di atas, beberapa keuntungan bisa didapatkan, seperti merasakan istrahat liburan walaupun di bulan tsb tidak ada hari libur nasional, jika berencana liburan ke suatu tempat mungkin suasana lebih lengang dan tenang.

Skema cuti yang mana yang mau diambil, kita kembalikan kepada pembaca sahaja. Yang penting jangan lupa ambil cuti, karena itu hak anda.

Sekian.🙂

   

Tags: , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: