Perpanjang SIM

Hai pembaca yang terhormat,

Ijinkanlah saya berbagi cerita ketika memperpanjang SIM C saya yang akan jatuh tempo. Bukan sebuah cerita spesial, namun setidaknya bisa menambah sedikit pengetahuan pembaca ketika akan memperpanjang SIM.

Saya melakukan perpanjangan di area Sukoharjo, dimana domisili saya berada dalam lingkup dati II area Sukoharjo. Perpanjang SIM setidaknya melakukan cek kesehatan dulu. Lokasi cek kesehatan yang dulu (5tahun lalu) yang terletak di dekat GOR Merdeka Sukoharjo, sekarang (kemarin) telah berpindah tempat. Lokasi cek kesehatan terletak di sebelah belakang sebuah apotek (barat jalan). Untuk nama apoteknya saya lupa. Tetapi jika dari tempat tes kesehatan yang lama, belok kanan ke arah Solo, setelah lewat lampu pengatur lalu lintas ada apotek sebelah kiri jalan. Atau jika dari Solo atau dari arah utara, setelah marung makan padang yang cukup besar disebelah kiri jalan, apoteknya setelah warung makan tsb di sebelah kanan anda.

Syarat administrasi tes kesehatan bawa copyan KTP dan SIM, masing-masing 2 lembar.
Atau di lokasi juga ada terdapat jasa fotocopy, dengan biaya Rp 2000,-.

Tes kesehatan yang dilakukan antara lain, pertanyaaan apakah anda sudah memakai kaca mata, baik + atau -. Kemudian tes baca huruf dari jarak yang telah ditentukan. Setelah selesai, cek tekanan darah. Terakhir cek buta warna. Biaya administrasi adalah Rp 40.000,- dan surat cek kesehatan tsb berlaku selama 3 minggu.

Setelah tes kesehatan, dilanjut ke kantor lantas di depan pasar Pak Soekarno. Setelah tukar indetitas dengan formulir di informasi, isi data data sesuai dengan formulir. Kemudian bayar di kantor BRI sebesar Rp 75.000,- (perpanjangan SIM C). Kemudian formulir dan bukti bayar dimasukkan ke loket perpanjangan SIM. Tunggu dipanggil untuk foto. Saat proses foto, diambil juga cap sidik jari jempol kanan dan kiri, kemudian tanda tangan. Setelah selesai tunggu kembali untuk dipanggil ambil kartu SIM yang baru. Selesai.

Demikianlah sedikit pengalaman saya ketika perpanjang SIM C kemarin, semoga dapat memberi gambaran ketika anda akan memperpanjang SIM.

Selamat beraktifitas, salam. 🙂

Advertisements

Tags: , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: