Solo – Semarang

3:04 PM 10/19/2013

Ketemu lagi dengan saya, setelah diniatkan dalam hati akhirnya tergerak juga untuk menulis tulisan-ulasan seputar jalur darat yang sudah saya tempuh selama kurang lebih 2 tahun ini. Berawal dari tulisan saya di “Semarang dalam 1-2 hari” ternyata memang Yang maha Kuasa mengarahkan hidup saya ke ibukota Jawa tengah, kota semarang. Semarang tanpa saya jenuh menyebutnya merupakan bagian segitiga emas, joglosemar.

Di sini saya akan mengupas sedikit seluk beluk jalur solo semarang dalam pandangan ane. Tidak seperti di tulisan jalur solo jogja, saya tidak akan menyajikan data lampu lalulintas (bang-jo) terlalu banyak bro.. šŸ˜€ dan lebih banyak saya ceritakan melalui pengalaman menggunakan angkutan bus bukan motor, karena memang saya jarang melibas jalur ini dengan sepeda motor. Balungan tuwo, cepet pegel dan ngantuk kalo perjalanan jarak jauh.

10:03 AM 5/10/2014

Oke teman, jangan bingung liat tanggal di atas, itu cuma jam saat saya melanjutkan tulisan ini. (Di notepad tinggal tekan F5 maka akan muncul jam berapa saat anda mengetik. 10:04 AM 5/10/2014, nah lho ini muncul lagi. sekali lagi tekan F5 10:21 AM 5/10/2014.. haha :v). Kembali saya sambung tulisan saya tentang jalur Solo – Semarang. Secara teknis kota yang akan dilewati adalah Solo – Kartasura – Boyolali – Salatiga – Bawen – Ungaran – Semarang. Kota2 kecil tidak perlu saya sebutkan saja di sini, karena saya juga tidak terlalu hapal. hehe. Perjalanan ke Semarang dari Solo dengan naik bus merupakan hal yang menarik. Bus Solo – Semarang banyak “merknya” dan “pilihannya”. Naik bus dapat dari terminal atopun dihentikan di tengah jalan (yang penting bus tidak saat kondisi kejar-kejaran dengan bus sebelah). Bus trayek Solo-Semarang bisa dibagi berdasarkan jumlah kursinya, kursi seat 2-2 atau 2-3. kalo 3-3 mas? tidak ada dek, itu skor sepakbola.. kalo 0-0 pakdhe? kalo itu skor kaca mata dek berarti :hammer:. Udah lanjut lagi deh, sepengetahuan saya bus Solo-Semarang semua ber-AC (cmiiw), air conditioner bukan angin cendela ato angin cepoi-cepoi, jadi tidak ada cerita berkeringat di dalam bus. šŸ™‚

Kembali ke masalah kota yang dilalui bus ini, ane yakin jika dari Solo, Terminal Tirtonadi adalah terminal pemberangkatan (maklum bos, tidak pernah naik dari Solo). Berangkat menyusuri jalan, pasti akan berhenti di seberang rumah sakit Panti Waluyo-Solo, ngetem lagi sebentar. Lanjut lagi melewati Solo Square-Solo bablas sampe Kartasura. Sebelum jam 4 sore, bus biasanya akan masuk terminal (belok ke kanan/ke arah utara (menuju bandara adi soemarmo) dari perempatan besar Kartasura), tetapi selepas jam 4 sore, biasanya sih langsung lurus melewati pasar kartasura – tugu kartasura – bangjo ngasem – trus bablas ke Boyolali. Kalau pas saat rame (misal nih, libur gandeng 3 hari, ato akhir pekan, jangan berharap banyak ke semarang naik dari kartasura bisa dapat kursi, biasanya alamat sudah berdiri-alias latihan upacara kalo temen ane bilang). :V.

Dari kartasura bus ini pasti akan melaju ke Boyolali, kenapa saya bilang pasti ke Boyolali, karena kalo bus ini belok kiri di Tugu Kartasura berarti anda bukan naik bus Solo-Semarang tetapi naik bus Solo-Jogja.. oh.. ternyata kamu salah jurusan… ##haha.. Menuju kota susu sapi- Boyolali, bus bergerak merayap. Macet? tidak bos.. memang jalannya naik sedikit demi sedikit. Di Boyolali bus tidak lewat kota, melainkan akan lewat jalur lingkar yang biasanya dilewati Bus dan truck. Setelah itu bus masuk ke terminal Boyolali. Nurunin penumpang dan naikin penumpang. šŸ™‚ Lepas terminal Boyolali perjalan di lanjutkan, menyusuri jalan yang mulai berkelok-kelok dikit. naik turun dikit dan trus bablas.. Bablas kemana pakdhe? Kalo saya sih bablas tidur.. lha masih lama kok perjalanannya.. haha. Tak berapa lama bus masuk ke daerah Ampel dan lanjut ke Salatiga. Terminal Tingkir akan disinggahi bus jika hari belum sore/malam. Jika sudah sore menuju malam hari, bus hanya akan berhenti di sisi jalan tanpa masuk ke terminal. Bus berangkat kembali lewat kota Salatiga, ABC belok kiri. Bus Solo-Semarang tidak (belum ada) lewat jalur lingkar salatiga. Oke, bus sudah kembali ke jalan yang benar, maka daripada itu mari kita lanjut tidur lagi.. zzzz…

Setengah perjalanan lagi bus ini finish di tempat tujuannya. Lewat Salatiga bus akan masuk ke terminal Bawen, pertemuan jalur dari Solo atau Jogja menuju ke Semarang. Di Terminal Bawen, bus biasanya ngetem sebentar dan ada juga yang tidak masuk ke terminal. Tidak lama kemudian bus akan kembali melanjutkan perjalanan. Menerabas jalur pada Karangjati dan Ungaran, kalo sepi biasanya sih sopir akan gas pol di sini. Karena biasanya selepas Bawen jarang penumpang naik bus ini. Di sekitaran Karangjati, jika bus penuh, biasanya akan banyak kursi kosong karena kebanyakan penumpang bus kebetulan pas banyak karyawan-karyawan pabrik yang kembali ke tempat bekerja. Di ungaran, (melewati gerbang Bandungan), biasanya kondisi lalu lintas merayap mungkin pas banyak yang kembali ke Semarang ya, jadinya padat kayak arus balik. Di RS Ungaran bus akan belok kiri, mengambil jalur Bus, tidak melewati kotanya. Jalur bus ini akan bertemu di “taman unyil” entah kenapa di sebut begitu saya pun juga belum tahu sejarahnya. šŸ™‚

Lewat Taman Unyil bus akan melewati Watu Gong (daerah Kodam Diponegoro), dan hola.. Terminal Banyumanik. Silahkan turun di sini yang mau turun di sini, kalo saya lanjut di depannya, turun di Sukun. šŸ™‚ Perjalanan panjang sekitar 2,5 – 3 jam itu berhenti di Sukun, karena selanjutnya saya meneruskan perjalanan dengan naik angkot

serba serbi :

#
Pasti ada yang tanya busnya cuma nyampe sukun mas? Tidak mas, hanya supir bus dan Tuhan yang tahu kemana bus akan berhenti. lol. Bus trayek ini ada 2 kemungkinan berhenti, di terminal Mangkang dan terminal Terboyo. Beda PO beda juga pemberhentian terakhirnya. Dan kalo malam bus akan ada yang lewat Kota, tidak lewat tol. tapi saya sendiri belum pernah ikut bus lewat kota pas malam. karena saya selalu turun di Sukun. Bertanya saja ke kondektur bis, mereka akan menjelaskan lewat mana, atau biasanya akan ditanyai selepas Bawen, siapa yang lewat Kota.

#
Pakdhe, lha tarifnya berapa sekarang? dari tadi gak ada pembahasan tarif? O, iya, kelewatan.. haha. untuk tarif, berfariasi mas untuk PO satu dengan yang lain. Di saat tulisan ini saya buat, 12:22 PM 5/10/2014, untuk PO T##### & R##### S#####, Solo-Semarang seat 2-2 20.000,- , yang pasti ada yang harganya 25.000,- tapi PO apa saya lupa dan tidak ingat, karena saya sendiri selalu naik yang masih 20.000,- hehe. Untuk R#### S##### yang seat 2-3 Solo-Semarang 15.000,-

#
Bos, lha kalo yang jurusan Surabaya-Semarang itu bijimana? Ada tho? Ada mas, PO E## dan S##### K, buka trayek Surabaya-Semarang via Solo. Untuk tarifnya, saya hanya tahu yang E##, sama 20.000 untuk Solo-Semarang. Untuk PO yang satunya jarang naik dan lupa berapa tarifnya. šŸ™‚

#
Pakdhe, busnya 24 jam gak pakdhe? Walah, kalo ini saya belum pernah membuktikan. Konon kadar yang beredar dan desas desusnya memang 24 jam, tapi POnya apa, ane tidak tahu. Kalo pernah denger dari kondektur E##, dari POnya paling pagi dari Semarang jam setengah 2 pagi, paling malem sebelum jam 12 masih ada tapi tepatnya jam berapa lupa, yang pasti di belakang karcis bus ada jadwalnya dari Po tersebut.

#
Mas, itu bus nya PATAS kan mas? Iya patas, bukan berarti penumpangnya terbatas. Tapi realitanya ada yang berdiri bahkan sampai penuh busnya. Yang sudah biasa naik trayek Solo-Semarang biasanya sudah paham, kalo bus trayek ini dalam kondisi tertentu memang penuh dan sampai berdiri. Kondisi tertentu, yang pasti libur panjang minimal tiga hari, kalo sabtu minggu penuh tapi masih tidak sepenuh pas libur panjang. Dan kalo pas libur panjang 3 hari misalnya, jika anda berdiri, siapkan fisik, karena jangka waktu berdiiri bisa jadi akan lama. Pengalaman saya, paling lama Semarang-Kartasura berdiri, paling banter cari sandaran punggung di kursi-kursi bus.

#
Om, om, lha kalo sampe berdiri gitu pas naik bis, ada gak alternatif lain ke solo selain naik bis? bisa naik kereta mas, silahkan gugling untuk jadwalnya. ato travel mungkin juga ada. šŸ™‚

#
Sekedar info tambahan, Semarang-Bawen sudah terhubung melalui Jalan Tol. Jadi, bagi yang bawa mobil pribadi bisa lewat jalan tol, lebih cepat dan menghemat waktu. Keluar tol di Bawen, pas seberang Terminal Bawen. Dari pengalaman, masuk tol dari semarang- pintu tol gayam sari, keluar di Bawen, kalo tidak salah hitung waktu tempuh 30-60 menit. Lebih memangkas waktu tempuh daripada lewat jalan biasa. Untuk tarifnya tol gayamsari 2.000,- – tol undip 2.000,- tol ungaran – 6,500,- dan tol bawen 7,000,-. cmiiw, semoga bermanfaat.

Sekian tulisan saya ini, semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian. selamat jalan dan selalu hati-hati di jalan. šŸ™‚
Kartasura, 12:50 PM 5/10/2014

1:14 PM 1/24/2015
Ketemu lagi sama saya mas gan. šŸ˜€ Orang yang (isyaAllah) terpercaya perihal trayek Solo-Semarang ato sebaliknya :cool:. Jadi begini, saat saya sadar bahwa saya punya blog yang harus saya “belai”. :hammer:. ada postingan tentang trayek Solo-Semarang yang seharusnya saya update untuk beberapa hal. šŸ™‚ Untuk kebeikan bersama, sebaiknya pembaca memperhatikan tanggal saya update tulisan ini, supaya tidak salah informasi. Oke kita mulai saja, kita pasti tahu bahwa harga BBM yang berubah mau tudak mau mengubah tarif bis trayek Solo-Semarang. tidak perlu panjang x lebar, saya sajikan update- langsung

##
+ Om, BBM naik turun gitu, ongkos bis solo-semarang naik turun juga? :O
– Belum dek, ato tepatnya tidak. Maksudnya, belum turun. Kalo naik pasti itu. :v. Ane langsung sebut Inisial POnya aja, sepengeliatan saya yang terakhir, RO### Sa#### seat 2-2 masih 25 ribu, seat 2-3 20 ribu. Untuk po TA#### ane yakin sama 2-2 25 ribu, untuk L## Sa#### sepertinya 25 ribu yang seat 2-2, karena ane jarang naik po tersebut. :o. untuk E## trayek surabaya-nan, ane yakin sama 25 ribu juga.
+ Berati gak naik-turun ya om?
– naik turun dek, jalannya yang naik-turun. haha..

Sekian Update dari saya, sampai ketemu di bis. kalo ketemu jangan lupa sapa-sapa. šŸ˜€ hati-hati di jalan, mancing mania… Mantab!!!

+ om.. ini bukan mancing..
– Oh, iya salah. maklum dek, mau mancing ikan belum kesampaian. :hammer:

Bis Solo-Semarang-an… Mantab!!!

###11:48 AM 9/27/2015
##update lagi mas mbak yang butuh info bis Solo – Semarang.
Berdasarkan pengalaman saya, telah terjadi pergeseran tarif. Di mana terdapat PO yang mengenakan tarif 28ribu untuk trayek Solo-Semarang. Sepengetahuan saya adalah PO R####### dan M#####. Untuk PO R#7 saya mengalami sendiri, sementara untuk PO M#5 saya tahu dari cerita pakdhe saya sendiri yang kemarin naik saat libur lebaran Idul Adha (info ini bisa saja salah, kalo salah bisa dikoreksi).

Bergeser pada hal lain, saya mendapatkan pengalaman perihal naik bus ke semarang dari solo, menggunakan armada PO Surabayanan S#, dengan menggunakan seat kursi 2-3 2x naik bis tsb membayar 20ribu ada yang pas dan ada yang pakai kemablian 2ribu. Sebagai Catatan saya naik di Kartasura, berarti tarif yang berlaku untuk kartasura – semarang adalah 18ribu.

Bergeser lagi pada yang lainnya, untuk bis Surabayanan seat 2-2 yang sebelumnya cuma ada PO E#2 sekarang sudah ada opsional lainnya saitu kompetitornya yang juga melayani trayek Semarang-Surabaya PO S#/S# mengeluarkan armada bus seat 2-2. Armada tersebut mempunyai ciri khas yang mencolok. Jika armada seat 2-3 memiliki warna bus dominan biru, maka untuk armada baru ini memiliki warna yang mencolok oranye. Untuk tiket Semarang – Solo 25ribu dengan fasilitas free air mineral.

Cerita free air mineral tersebut, ada hal yang menarik yang perlu saya ceritakan. Free air mineral menurut saya, PO S#/S# bukan yang pertama. Jadi saat bus Surabaya-nan buka trayek ke Semarang, PO E# hanya menggunakan bus seat 2-2, sementara PO S#/S# menggunakan bus seat 2-3, PO E# sudah menyertakan free air mineral dalam tiketnya berupa air mineral kemasan cup/gelas. Ketika PO S#/S# menggunakan armada baru seat 2-2 (yang berwarna orange) dalam tiket mereka dengan harga yang sama, mereka sudah free air mineral botol (ukurannya menurut saya, semoga saya tidak salah, adalah 500ml) ukuran botol tanggung. Setelah sekali naik bus PO S#/S# ada kesempatan saya naik kembali bus PO E## dan yang bikin saya ketawa dalam hati, setelah bayar tiket dan kondektur keliling membagikan air mineral ternyata sudah tidak ucp/gelas melainkan memakai botol dengan ukuran yang sama. (untuk merek air mineral yag dipakai beda merk antara dua PO tersebut). Dalam pikiran saya, penumpang bus dimanjakan begini dengan fasilitas-fasilitas yang membuat nyawan. šŸ˜€ Silahkan dua PO tersebut berperang fasilitas, biarkan penumpang yeng menikmatinya. šŸ˜€ Jadi teringat perseteruan ini seperti saat INTEl vs AMD. ATI VS NVIDIA, yang manan yang lebih bagus? kalo saya yang mana yang memberikan layanan terbaik itulah yang bagus.

Updatenya cukup sekian semoga cukup membantu. Salam.

#update 02 Oktober 2016.
Pengalaman naik angkot malam hari. Namanya juga oknum sopir angkot. Dengan dalih angkot terakhir, penumpang dihajar harga 10ribu dari sukun turun ke peterongan. Ciri sopir ya gitulah, bawa angkot ngawur, rambut semi gondrong, dan kumisan. Pak sopir yg merasa silahkan instropeksi diri. Semoga selalu mendapat ridho dari yg maha kuasa. šŸ™‚
Bagi pembaca yang mau naik angkot tidak ada salahnya ditanya harga pas mau naik pegang komitmem harganya. Jika tidak wajar silahkan ambil taksi. Lebih baik mahal argo daripada di kepruk dibelakang. Dan pak sopir, muka anda sudah saya hapal. Salam.

Tags: , , , ,

110 Responses to “Solo – Semarang”

  1. yuli Says:

    Salam Kenal,,
    Mas saya butuh info..
    Lebaran nanti saya mudik dr Jakarta ke Wonogiri.. Tapi saya dapt keretanya Semarang Poncol..
    Naah,,yg saya mw tanyakan..
    Bis dr Semarang yg cepet dan Bagus apa ya??
    Lama perjalanan klo macet berapa jam ya??
    Selama ini saya cuma lewat doanx jadi agak bingung begitu dapat tiket kereta semarang..

    Mohon infonya..
    Terima kasih

    • yang punya jalan solo jogja Says:

      Bus yg bagus banyak mas mbak. Trayek smg solo bnyak mas mbak. Yg patas tinggal pilih saja. Royal safari,taruna,lux safari, ada jg ismo, raya, dll.

      Setahu saya klo normal naik bus bisa sekitar 2,5jam.

      Fyi, utk ismo ada jurusan smg-wonogiri langsung. Cma tidak tahu jam berapa saja.

      Smg mmbantu. Cmiiw.

  2. titiesayang Says:

    nuwun sewu mass, niki aku dari jakarta naik kereta turun di stasiun purwosari, tujuan akhir ngendo, banyudono. Dari stasiun purwosari naik apa yah? Tiba di stasiun purwosari jam 22.

    • yang punya jalan solo jogja Says:

      Klo malam jam segitu paling enk langsung taksi mbak/mas.

      Ato kalo barang gak banyak n g keburu waktu. Ojek ke depan solo square. Nunggu bis ke arah semarang.

  3. Silma Luthfika Says:

    Halo mas..
    Mohon infonya ini mas..
    Sy mau ke IDP semarang alamatnya jl. Gadjah Mada liat di gugel maps deket simpang lima..
    Kalo sy naik bis dr solo harus turun terminal mana ya mas? Trus ke tkp nya sy baiknya lanjut naik apa?
    Kalo alternatif naik KA, gimana ya mas?
    Makasi mas..

    • yang punya jalan solo jogja Says:

      Naim bis biasane turun di sukun mbak. Sukun bukan terminal.mbak, itu tempat kaya untuk oper ke kota.Dari situ bisa oper ke gadjah mada naik taksi. Saya sarankan naik taksi karena saya tidak hapal rute angkutan umum yg lain mbak.
      Naik KA bisa juga mbak ke smg. Cma diperhatikan jam nya. Karena setahu saya rute ka solp smg hanya 1 trip pp. Tinggal turun di tawang ato poncol. Sama saran saya lanjut naik taksi mbak.
      Semog membantu. Salam.

  4. wijaya Says:

    gan, ane kn mau ke boyolali turun di stasiun solojebres jam 01.00 dinihari. kalo jam sgitu naik bis apa ya.. dan naik dari mana.. terimakasih..

    • yang punya jalan solo jogja Says:

      Gan kalo saran saya mending agan naik bisnya dari terminal tirtonadi saja. Karena saya belum pernah nyoba naik bus jam2 segitu. Ada info bus trayek solo semarang “24 jam” dalam artian sebenare selalu ada. Cuma setelah jadwal terakhir ada jeda waktu lumayan dengan jam awalnya. Kalo stasiun jebres ke terminal mngkin ada ojek ato taksi gan. Cmiiw. Semoga membantu. Salam.

      • robert jazuli Says:

        Sy dr surabaya naik kereta turun di stasiun purwosari mas,
        klo dr purwosari ke salatiga / Pos tinggkir naik bus apa y mas?
        Nunggu bus nya dimana ya?
        Ongkosnya brp ?
        Trima ksh byk y mas..
        Semoga Allah membalas kebaikan mas

      • yang punya jalan solo jogja Says:

        Halo mas.
        Dari purwosari mas ke kerten saja(deket solo square) mnta anter ojek(gak tahu tarifnya saya mas, nego2 an saja.. G terlalu jauh) ato naik bus solo trans, keluar purwosari nyebrang dulu ada haltenya(ada 2 halte mas. Halte yg sebrang jalan. Ntr turun di halte kerten-deket solo square)
        Nah dari kerten naik bus arah semarang mas. Bus2 pasti lewat situ. Jadi tinggal milih. Tarif ke salatiga biasane setengah harga tarif solo-semarang. Biasane sekitar 13ribu.
        Semoga membantu. Salam.

  5. SeoX Says:

    Kalau naik patas dari solo bisa turun di stasiun poncol gak? Dulu sih bisa, tetapi katanya sekarang bablas ke mangkang….
    Terus kalau mau lanjut ke stasiun poncol bagaimana?

    • yang punya jalan solo jogja Says:

      Bus masuk kota itu kalo udah malem mas..kalo blm malem bus pada lewat tol. Ada yg ke terminal mangkang ada yg ke terminal terboyo tergantonv po nya. Cuma kalo masuk kota pas malem iti saya kurang tahu apakah lewat poncol ato tidak.
      Antara taksi ato angkutan umum mngkn mas. Cuma saya krg tahu kalo ke poncol naik apa.

      • dewijay2023wijaya Says:

        Gan.. Bus solo ke jember ada ga ya? Kalo ada kberangkatan jam berapa aja.. Pada 14 Jul 2015 19:54, “Solo – Jogja” menulis:

        > yang punya jalan solo jogja commented: “Bus masuk kota itu kalo udah > malem mas..kalo blm malem bus pada lewat tol. Ada yg ke terminal mangkang > ada yg ke terminal terboyo tergantonv po nya. Cuma kalo masuk kota pas > malem iti saya kurang tahu apakah lewat poncol ato tidak. Antara taksi ato > angkut”

      • yang punya jalan solo jogja Says:

        Kurang tahu gan kalo bus.
        Setahu saya kereta ada cuma gak tau apa keretanya juga.
        Kalo ada tambahan info saya tambahin di comment ini.

  6. widodo Says:

    mas, saya mw tanya dikit boleh ya….
    tolong infonya kalo rute dari kota semarang menuju tingkir/salatiga + bus yg hrs di naiki..
    soalnya saya dari kaltim ,org baru ….trim’s

    • yang punya jalan solo jogja Says:

      Dari kota saya asumsikan dari bandara ya. Dari bandara naik taksi aja mas ke terminal terboyo atau ke daerah sukun. Dari dua tempat tsb mas bisa lanjut naik bus jurusan solo. Nanti turun di tingkir/salatiga.
      Klo memilih antara terboyo ato sukun, kalo jarak dari bandara mnrt sya deket ke terboyonya mas. Kalo diterminal masih bisa milih kursi. Jaga2 kalo di sukun bis nya rame, malah berdiri.
      Smg membantu.

  7. Dwi Nanda Says:

    mas kalau dari sukun mau ke daerah jalan gajah mada naik angkutan apa ya?

    • yang punya jalan solo jogja Says:

      Jawaban dari teman :
      +Naik angkot turun lampu merah Metro, pindah angkot Lagi jurusan Simpang 5.
      +Naik angkot turun lampu merah Bangkong, pindah angkot Lagi jurusan Simpang 5.

      Kalo malam hari mending langsung taksi. Ato bisa mencoba layanan gojek juga mbak.
      Semoga mmbantu.

  8. Dwi Nanda Says:

    mas kalau dari sukun mau ke daerah jalan gajah mada naik angkutan jurusan mana ya?

    • yang punya jalan solo jogja Says:

      Jawaban dari teman :
      +Naik angkot turun lampu merah Metro, pindah angkot Lagi jurusan Simpang 5.
      +Naik angkot turun lampu merah Bangkong, pindah angkot Lagi jurusan Simpang 5.

      Kalo malam hari mending langsung taksi. Ato bisa mencoba layanan gojek juga mbak.
      Semoga mmbantu.

  9. valen Says:

    mas… kalo saya dr kerten mau keterminal mangkang kira” naik bis apa, trus bis e tiba jam brapa dr kerten, soale saya baru pertama kali… makasih

    • yang punya jalan solo jogja Says:

      Naik bus solo semarang yg ke terminal mangkang. Ada beberapa po yg ke terminal mangkang ada yg ke terboyo.
      Sktr 2-3 jam.
      Untuk jam tiba di kerten saya kurang hapal.
      Rajawali, ismo stahu saya ke mangkang. Ato kalo tidak, pake bis yg jurusan ke smg apa saja, pas disukun sarang turun oper ikit bis ke mangkang.
      Smg membantu.

  10. zie jaziroh Says:

    permisi, saya dari cirebon. mau tanya kalo dari stasiun semarang poncol mau ke terminal bawen naik apa dan perjalananya berapa jam ya?

    • yang punya jalan solo jogja Says:

      Menurut saya,
      Stasion poncol – terminal terboyo – terminal bawen.
      Dari stasiun poncol naik armada taksi ke terminal terboyo.
      Di terminal terboyo naik bus jurusan solo. Turun di terminal bawen.
      Semoga membantu.

  11. NoVhyee CweetCoffee Says:

    permisi, maaf mas kalo dari salatiga ke simpang lima ada bis yg langsung ga?
    dan kalo mau ke jalan madukoro, tawangmas dr salatiga naiknya apa? safari atau bis sala3-semarang lewat situkah? thank’s
    blog ini membantu banget šŸ™‚

    • yang punya jalan solo jogja Says:

      Setahu saya gak ada mbak yg langsung ke simlim. Royal safari kalo malem mmg masuk kota, ttpi seinget saya g lewat simplim. Lewat karyadi, tugu muda. Jadi mngkin tetap disambung antara gojek/ojek/taksi/angkot.
      Untuk yg jln madukoro tawangmas saya kurang tahu mbak. šŸ™‚ cuma ada informasi begini : “naik angkot jur banyumanik-johar (turun di sukun), trus ganti angkot di tawangmas.
      Ato turun di johar nanti ada angkot jurusan mana mana saja (oper di johar)” cma kalo sdh malam hari angkot terbatas. Antara taksi atau ojek.
      Semoga membantu. šŸ™‚

    • yang punya jalan solo jogja Says:

      Ad opsi seperti ini juga mbak,
      “naik trans yg arah terboyo.. turun d halte johar.. trus jalan k belokan hotel dibya puri.. naik angkot arah panggung.. (tuh angkot ngtem dsitu..)
      Smg membantu. šŸ™‚

  12. Kristal Says:

    mas, mau tanya nih:
    1. kalo mau ke kerten, laweyan, dr stasiun purwosari itu jauh gak ya? biasanya naik apa?
    2. bis semarang-solo dan solo-semarang pakai apa ya yg deket kerten? tarifnya berapa?

    suwun..

    • yang punya jalan solo jogja Says:

      1. Purwosari kerten bisa naik bus batik solo trans jurusan kartasura.(nyebrang dlu dari purwosari/ke kanan kalo keluar stasiun).
      Purwosari laweyan bisa naik becak/taksi/ojek mbak. Krana saya kurang paham kalo bis kotanya, seinget saya gak ada.
      2. Kalo dari solo mau ke smg nunggu di solo square aja mbak. Sebelum kerten.
      Tarif tergantung PO nya.
      Sumber kencono kursi 2-3 18.000
      Sumber kencono, royal safari, taruna, safari lux, raya, mulyo indah, eka yg pake kursi 2-2 tujuang terboyo 25.000
      Rajawali ismo kursi 2-2 tujuan mangkang 28.000
      Smg membantu.

    • Kristal Says:

      makasih mas šŸ˜€

  13. muhammad huda Says:

    Kalo dr solo mau ke kota lama semarang, gimana ya mas?

  14. Kristal Says:

    Mas, tanya lagi. kalo mau ke UNS lebih deket dr stasiun balapan atau purwosari ya? terus transportnya pake apa? šŸ™‚

  15. caca Says:

    permisi mas, mau tanya
    kalo saya dari jogja ke solo dulu, turunnya dimana kalo mau melanjutkan bis dgn tujuan mangkang?
    terima kasih šŸ™‚

    • yang punya jalan solo jogja Says:

      Kalo masih siang turun di terminal kartasura ato kalo ragu turun di bangjo perempatan kartasura(cuma trus nyebrang ke arah selatan ya mbak). Takute klo sore bus sdh g masuk terminal kartasura. Dan setahu saya bus ke smg kalo sore-malam jarang yg ke mangkang, adanya ke terboyo atau kota.
      Cari saja po yg ke mangkang, setahu saya is**, raj***** jurusan mangkang. Cma kadangkala ada yg gak nympe mangkang, cuma sampe krapyak (kalo yg ini blm pernah pengalaman sendiri, cma.denger dari salah satu.crew bus).
      Semoga membantu.

  16. kajay Says:

    mas mau tanya, kalo dari bandara adi soemarmo trus maunya lanjut ke semarang nyari bus k terminal mana ya mas ?

    • yang punya jalan solo jogja Says:

      Kalo masih siang, naik bus solo batik trans mas. Mnta diturunin tempat oper ke semarang. Antara terminal kartasura ato perempatan kartasura.
      Klo sdh mlm brti naksi aja ke perempatan kartasura. Fyi, bus k smg tiketnya jadi 30rb. Kmrn ane naik *oyal. Smg mmbntu.

  17. devana23 Says:

    Permisi mas,
    mau tanya, kalo dari bandara solo trus mau lanjutin perjalanan ke semarang kalo mau ngebis, nyarinya dimana mas ?

    • yang punya jalan solo jogja Says:

      Kalo masih siang, naik bus solo batik trans mbak. Mnta diturunin tempat oper ke semarang. Antara terminal kartasura ato perempatan kartasura.
      Klo sdh mlm brti naksi aja ke perempatan kartasura. Fyi, bus k smg tiketnya jadi 30rb. Kmrn ane naik *oyal. Smg mmbntu.

  18. Lilis Purwanti Says:

    mau minta infonya boleh ya mas..
    klo dari Tuntang ke Stasiun Poncol kira2 ada angkutan yang langsung gak ya?
    suwun mas..

    • yang punya jalan solo jogja Says:

      Setahu saya gak ada mbak. Misal naik bus kesemarang turun di sukun. Setahu saya oper naik angkot ke bawah. Cuma saya krg tahu apakah ada angkot yg langsung atau harus oper angkot lagi. Kalo simpel naik taksi mbak.
      Smg membantu.

  19. arif Says:

    mas mau tanya
    kalo dari stasiun poncol ke tingkir/sruwen ada bis langsung gk ya dri stasiunny…kira” tarifny brp ya
    trima ksih

  20. ary Says:

    mau tanya mas brow ? klo mau naik bus dari Semarang ke solo turun deket bandara turun sebelah mana ya. ?

    • yang punya jalan solo jogja Says:

      turun di bandara solo (adi sumarmo)?

      kalo bus masuk terminal kartasura, turun di terminal naik batik solo trans arah bandara.

      kalo tidak masuk terminal kartasura, turun di perempatan kartasura dan oper lagi pakai batik solo trans ke arah bandara.

      selain itu langsung direct taksi.

      smg membantu. tks

  21. Bella Pitaloka Says:

    kalo dari jogja ke solo jebres naik motor rutenya gimana mas ?

    • yang punya jalan solo jogja Says:

      Jawaban dari kawan :

      Jalan slamet riyadi lurus sampai ketemu patung slamet riyadi. Belok kiri trus ke hotel asia lurus aja. Sebelum perlintasan rel persis belok kanan.
      Ntar stasiun solo jebres kiri jalan.

      Smg membantu. Jika kurang jelaa bisa bertanya di tengah jalan. Salam.

  22. hanz Says:

    Mas saya bsok mw k semarang , klo turun d stasiun poncol itu dari terminal solo atau bisa nyegat d pinggir jalan? Dan apa smua bis itu lwat stasiun poncol?

    • yang punya jalan solo jogja Says:

      Kalo lebih enak. Dari solo setiap hari setahu saya ada kereta jur purwosari solo – poncol semarang. Kalo memang skema waktunya masuk, silahkan ambil opsi kereta tsb. Jadwal brngkat kalo gak salah setengah 6 (coba dicari saja jadwalnya) sampe poncol sktr jam 8. (Saya lupa jadwalnya, coba dicari saja).

      Kalo misal tetap naik bus. Nyegat diterminal tirtonadi bisa dijalan jg bisa. Turun di sukun semarang buat masuk kota. Kalo butuh cepat bisa naik taksi langsung poncol. Ato opsi lain gojek semarang. Angkot bisa lama ngetem (gak semuanya). Bis gak ada masuk kota, lewat tol semua kalo siang.

      Semoga membantu. Salam.

  23. Mei Says:

    Salam kenal,
    mas, bus solo-semarang itu lewat ungaran nggak? Busnya apakah masuk terminal ungaran? Sebenarnya saya mau nglamar kerja di pt ungaran sari garmen, tp gak tau tempatnya. Bus solo-semarang bisa dicegat di sepanjang solo semarang atau harus naik dr terminal? Terimakasih.

    • yang punya jalan solo jogja Says:

      Salam kenal jg mbak. šŸ™‚
      Lewat ungaran mbak, kalo dari arah solo ke semarang (pagi siang sore), bis di rsud ungaran belok kiri lewat terminal ungaran. Cuma kalo malam biasane langsung lurus.
      Kalo dari arah semarang ke solo bus tidak masuk terminal ungaran.
      Bus solo smg bisa dicegat di sepanjang jalan.
      Kalo gak tau tempatnya bisa tanya ke kondektur bus mbak, mereka biasane paham lokasine.
      Smg membantu.

  24. Wahyudi Says:

    Klo Dr Purwosari ke Semarang naik busnya Dr mna y

  25. Yulianna D. N. (@annamaple) Says:

    mas gan, kalo dari Salatiga ke Semarang langsung St. Tawang ada gak ya? lalu jam-jamnya sore 17:30 masih aman ga?

  26. afara Says:

    mau nanya klau dri uns ke banyudono naik bus apa?

  27. Putriw50 Says:

    Mas mau tanya, kalo mau ke sruwen dr stasiun purwosari… naik bis na harus dr solo square yh mas?.

  28. nianovi Says:

    mas mau tanya kalau bus solo-semarang yg jurusan mangkang paling pagi jam berapa ya?
    saya kan mau ke semarang pengennya berangkat dini hari, naiknya dari kartasura enaknya nyegat dimana ya mas ? atau ada saran lain, hehe trimakasih

  29. Adri Says:

    Kebetulan saya mau jalan2 ke solo minggu depan, bis yang ke semarang dari solo yg naik dari solo square / kerten paling mlm jam brp ya untuk royal safari? Apakah yg jam 8mlm naik dari solo bs turun di poncol, krn saya sempet liat bis safari ijo jam 9nan jam 10mlm masuk kota lewat poncol,thx infonya.

  30. Abdi Says:

    Bang, bus solo semarang yg rutenya lewat simpang lima ada nggak?

  31. Sfr Says:

    Mau nanya ni kalo mau naik bis dari semarang yang deket undip ke solo naik dimana yaa??

  32. Suwando Says:

    mau nanya ni kalo dari solo mau ke hotel semesta (Jl. KH.Wahid Hasyim No 125-127 Kranggan Bangunharjo Semarang) turun e dimana ya? trus ntar oper naik apa?

    • yang punya jalan solo jogja Says:

      Kalo naik bus (pagi/siang hari), turun di sukun pak. Oper gojek ato taksi ke hotel semesta pak. Kalo oper via angkot saya kurang paham naik angkot apa, dan mngkin bisa oper angkot utk sampe hotel semesta.
      Misal malem hari, dan naik bus po royal yg
      biasane masuk kota, bisa tanya ke kondektur turun dimana paling enak untuk ke hotel semesta.
      Smg membantu. Salam.

  33. Yos Says:

    Mohon info gan.. saya hari kamis jam 5 sore mau berangkat dari solo ke semarang. Kalau dari Hotel Fave Adisucipto laweyan, bus terdekat dimana gan?

  34. Horison Says:

    Permisi mas saya mau tanya,klw solo- semarang,saya mau naik kereta di smrng poncol,saya turunya dimana ya? Agar lebih deket dengan stasiun semarang poncol?

  35. blodot Says:

    Mas kira” bus solo-semarang mulai narik paling pagi jam berapa mas

  36. Agus rizky satria Says:

    Pak the dari ampel lewat jalan siliwangi semarang ga / tepatnya lewat agen Nusantara siliwangi?
    + tiketnya berapa pak dhe?

  37. avianto Says:

    mas, nanya nih. Bus semarang yang dari terboyo masih lewat milo nggak ya kalo pagi (sekitar jam 4 pagi). Apa langsung dari terboyo masuk tol ke sukun? Saya dari stasiun tawang, dulu suka naik dari belakang pasar kobong (pertigaan) Masih bisa nggak ya

  38. avianto Says:

    maksud saya bus semarang – solo mas

  39. Suzette Says:

    you’re really a good webmaster. The web site loading pace is amazing.
    It sort of feels that you’re doing any distinctive trick.

    Moreover, The contents are masterwork. you’ve performed a magnificent process in this topic!

  40. lilih Says:

    mas klo dari stasiun purwosari mau ke boyolali itu naik bus apa y? terus naiknya dari mana?

Leave a comment